4 Fakta Menarik, Launching Rintisan Desa Wisata di Sedeng Pacitan

4 Fakta Menarik, Launching Rintisan Desa Wisata di Sedeng Pacitan

  • Bagikan
Jobong raksasa di Desa Sedeng, Pacitan, sebagai ikon rintisan Desa Wisata.
Jobong raksasa di Desa Sedeng, Pacitan, sebagai ikon rintisan Desa Wisata. (Foto: Instagram Humas Pacitan)

PACITAN, Tugujatim.idPacitan memang tak luput dari pesona wisata. Baru saja, Pemerintah Desa Sedeng, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan melaunching rintisan desa wisata dan agrowisata Jobong yang diresmikan langsung oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, Selasa (30/11/2021).  Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan, Tengku Andi Faliandra.

Lalu, apa saja fakta menarik seputar peluncuran rintisan desa wisata ini? Simak penjelasan berikut.

1. Jobong Raksasa Sebagai Ikon Utama Rintisan Desa Wisata

Jobong berasal dari bahasa Jawa yang berarti tungku pembakaran batu kapur yang diambil atau digali dari tebing-tebing perbukitan kapur. Di Desa Sedeng, Pacitan, jobong raksasa yang semula memiliki kapasitas 45 kubik batu, disulap menjadi Rest Area Agrowisata Jobong. Melansir dari pacitankab.go.id, pengunjung dapat menikmati keindahan sunrise dan banjaran Gunung Lima ditemani secangkir kopi di rest area yang terletak di atas jobong.

2. Perpaduan Potensi Alam, Pertanian, Jobong, dan Gebyar UMKM

Dilansir oleh Pacitanku.com, agrowisata Jobong ini memadukan potensi alam, pertanian, dan bekas jobong raksasa sebagai ikon utama. Masih dari sumber yang sama, rencananya Pemerintah Desa akan mengembangkan agrowisata tersebut dengan membangun kolam pemandian, panggung hiburan dan taman. Selain itu, dalam acara launching ini, juga diadakan Gebyar UMKM untuk menampilkan sekaligus branding produk-produk UMKM di Desa Sedeng.

3. Rintisan Desa Wisata Sebagai Daya Ungkit Perekonomian

Perintisan Desa Wisata di Desa Sedeng, Pacitan bukan tanpa alasan. Dilatarbelakangi tujuan mulia demi kesejahteraan masyarakat. Melansir dari Pacitanku.com, Sucipto, Kepala Desa Sedeng berharap Rintisan Desa Wisata dan Agrowisata Jobong dapat memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Sedeng. Selain itu, destinasi wisata baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan mampu mendorong masyarakat, Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), karang taruna, serta dinas terkait untuk menggenjot potensi UMKM di Desa Sedeng.

Senada dengan harapan Kepala Desa Sedeng, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji mengapreasi peresmian Agrowisata Jobong di Desa Sedeng tersebut. Bahkan, beliau mengungkapkan bahwa wisata merupakan daya ungkit perekonomian, potensi wisata yang sudah ada hendaknya dilestarikan dan harus ada semangat untuk mengembangkan wisata selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Pacitan.

4. Disparpora Pacitan Siap Dampingi Desa Sedeng menjadi Desa Wisata

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan, Tengku Andi Faliandra, menyatakan siap membina dan mendampingi Desa Sedeng menjadi desa wisata. Namun, pihaknya tidak ingin mengambil langkah instan, tetapi harus betul-betul membina Pokdarwis  Desa. Harapannya, Pokdarwis dapat memiliki kreatifitas untuk menggerakkan destinasi wisata dengan semangat pemberdayaan ekonomi bagi masyarakata setempat.

Itulah fakta-fakta menarik seputar launching rintisan desa wisata di Desa Sedeng, Kabupaten Pacitan.

  • Bagikan