4 Fakta Unik Harpi Melati, Mana yang Sudah Kamu Tahu? - Tugujatim.id

4 Fakta Unik Harpi Melati, Mana yang Sudah Kamu Tahu?

  • Bagikan
Harpi Melati. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Ilustrasi riasan wajah pengantin perempuan Jawa. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Apa sih yang Anda pikirkan soal pernikahan? Bisa jadi pernikahan adalah salah satu momen sakral yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang ya karena ingin semuanya dilakukan secara istimewa. Karena sakralnya momentum ini, setiap pengantin harus tampil sempurna, baik tata rias wajah, rambut, maupun busananya. Tentunya itu menjadi tanggung jawab juru rias pengantin ya. Menurut R. Sri Supadmi Murtiadji, juru rias pengantin, pekerjaan sebagai ahli dalam bidang tata rias ini memiliki andil penting dalam seluk beluk adat dan upacara perkawinan.

Pentingnya peran juru rias pengantin, maka pada Desember 1981 terbentuklah Himpunan Ahli Rias Pengantin (Harpi) Melati secara resmi di Jakarta. Harpi Melati Indonesia ialah salah satu organisasi yang bergerak di bidang sosial dan budaya. Melansir dari akun dppharpimelati, organisasi ini didirikan dengan tujuan untuk menggali dan melestarikan budaya daerah, khususnya tata rias pengantin sebagai mitra kursus dan pelatihan Kemendibud. Jadi, hal itu dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia perias pengantin agar bisa mengembangkan dan melestarikan budaya Indonesia, khususnya adat istiadat dan seni rias pengantin.

Saat ini Harpi Melati sudah memiliki Dewan Pimpinan Pusat dan Daerah di 32 provinsi. Setiap empat tahun sekali, Harpi Melati mengadakan musyawarah yang dihadiri perwakilan DPD dari seluruh Indonesia. Apa saja sih fakta-fakta menarik seputar Harpi Melati? Simak penjelasan Tugu Jatim ID berikut ini!

1. Tujuan Harpi Melati

Dilansir oleh Instagram dppharpimelati, organisasi ini memiliki beberapa tujuan yaitu:

a. Menggalang persatuan dan kesatuan perias pengantin dalam suasana kekeluargaan.
b. Meningkatkan kualitas perias pengantin sebagai sumber daya yang mantap dan mandiri.
c. Menggerakkan para anggotanya untuk meningkatkan kualitas diri di bidang tata rias pengantin dan budaya.
d. Menghimpun aspirasi para anggota dalam mengembangkan bakat kemampuan dan keterampilan.
e. Menggali dan melestarikan budaya Indonesia.
f. Meningkatkan peranan perias pengantin.

2. Makna Logo Harpi Melati

Harpi Melati. (Foto: Instagram @dppharpimelati/Tugu Jatim)
Logo Harpi Melati. (Foto: Instagram @dppharpimelati)

Logo Harpi Melati Memiliki Makna:

a. Bentuk logo segilima berarti bahwa organisasi Harpi Melati berdasarkan Pancasila.
b. Terdapat mahkota pada puncak bermakna ingin mencapai cita-cita yang tinggi.
c. Bunga melati bermakna organisasi akan seharum bunga melati.
d. Arti kata melati.

Melansir dari laman pdf coffee, Melati merupakan singkatan dari Memetri, Langgeng, Toto coro, dan Indonesia. Memetri artinya melestarikan, Langgeng artinya abadi, Toto coro artinya tata cara. Secara harfiah, kata “Melati” dapat dimaknai sebagai tujuan dari organisasi ini yang ingin melestarikan tata cara bangsa Indonesia agar abadi, khususnya dalam adat dan budaya rias pengantin.

3. Visi Misi

Mengutip dari laman pdf coffee, Harpi Melati memiliki visi “Menjadi Organisasi Mitra Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan, Pelestarian dan Pengembangan Seni Budaya Khususnya Bidang Seni Tata Rias Pengantin serta Upacara Adat Istiadatnya”. Adapun misi yang hendak dicapai organisasi ini meliputi:

a. Menggali dan melestarikan ragam seni budaya Tata Rias Pengantin Nusantara.
b. Mengembangkan seni budaya Tata Rias Pengantin serta adat istiadatnya sesuai dengan perkembangan zaman tanpa meninggalkan tradisi budaya daerah.
c. Mensosialisasikan ragam seni budaya Tata Rias Pengantin dan adat istiadatnya.
d. Meningkatkan mutu sumber daya perias pengantin agar memiliki karakter baik, mandiri, kompeten dan profesional guna menunjang pembangunan Nasional.
e. Menggalang persatuan dan kesatuan para perias pengantin dalam suasana kekeluargaan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
f. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan mempelajari Tata Rias Pengantin Internasional (Korea Selatan, India, China, Jepang, dll).
g. Menghimpun aspirasi para anggota dalam mengembangkan bakat, kemampuan dan keterampilan.

4. Peran Juru Rias Pengantin di Indonesia

Menurut artikel yang disusun Yunika Niken Wulandari dengan judul Peranan Juru Rias Pengantin Terhadap Pelestarian Tata Rias dan Busana Adat, juru rias pengantin memiliki peranan signifikan dalam melestarikan tata rias dan busana pengantin adat solo putri, khususnya di Kabupaten Temanggung (red: lokasi penelitian).

Maka para juru rias pengantin harus dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian tentang tata rias dan busana pengantin tradisional. Tujuannya agar dapat melestarikan tata rias sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Mengutip dari laman weddingku, berbagai program pun digelar oleh Harpi Melati untuk meningkatkan kualitas SDM perias pengantin di seluruh Indonesia. Seperti mengadakan berbagai seminar, lomba, serta pagelaran di berbagai daerah.

 

  • Bagikan