5 Cara Mengatasi Rasa Cemas saat Zoom Meeting

  • Bagikan
Ilustrasi Zoom Meeting. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Kebijakan PPKM membuat sebagian orang harus Work From Home (WFH). Sering kali mereka bekerja lebih lama dari biasanya, menyebabkan kewalahan, dan merasa tertekan. Terlebih harus lihai dalam penggunaan teknologi untuk mendukung pekerjaan.

WFH menciptakan tantangan baru untuk beradaptasi dengan platform yang telah tersedia karena semua kegiatan dilakukan secara daring, salah satunya Zoom. Dengan WFH tidak sepenuhnya dapat menikmati waktu bersantai, karena menjamurnya panggilan video yang terkadang tidak diperlukan.

Tidak semua orang menganggap bahwa transisi pekerjaan ke konferensi video lebih mudah. Seringkali seseorang merasa cemas karena kurang pengetahuan dalam penggunaan Zoom. Banyak diantaranya yang membutuhkan waktu lebih lama untuk terbiasa bekerja dengan Zoom.

Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa strategi yang dapat membantu Anda mengurangi kecemasan terhadap penggunaan Zoom.

1. Mengidentifikasi sumber kecemasan

Panggilan video sering kali menimbulkan masalah yang menciptakan kecemasan seseorang, sehingga diperlukan identifikasi sumber kecemasan untuk mengatasinya. Dengan demikian, Anda menjadi lebih tenang ketika menerima panggilan video.

Baca Juga: Presiden Haiti Jovenel Moise Disiksa Sebelum Dibunuh – Kliktimes.com

Baca Juga: Ledakan Petasan Hancurkan Musala di Wonokoyo Kota Malang, 1 Orang Tewas – Javasatu.com

2. Hilangkan pikiran negatif

Pikiran negatif membuat seseorang hanya mengingat kesalahan saja, maka perlu mengalihkan pikiran pada hal positif yang didapat dari pertemuan Zoom. Misalnya, teman Anda memberikan pujian terkait proyek yang Anda kerjakan.

3. Istirahat yang cukup

Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus bekerja dengan memandang layar seharian, beristirahatlah sejenak. Anda dapat mematikan kamera untuk meregangkan tubuh atau memandang keluar jendela selama beberapa menit.

4. Mendandani diri

Mendandani diri menjadi hal penting, dengan berpakaian rapi membuat diri kita lebih fokus dan siap sehingga mengurangi rasa kecemasan Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda saat menerima panggilan video.

5. Ungkapkan kekhawatiran

Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam penggunaan Zoom, ungkaplah kepada seseorang supaya mendapat umpan balik yang memungkinakan dapat mengatasi permasalahan tersebut.

  • Bagikan