6 Alasan Negara Nordik Paling Bahagia di Dunia

6 Alasan Negara Nordik Paling Bahagia di Dunia

  • Bagikan
Norwegia, salah satu negara Nordik yang dinilai sebagai negara paling bahagia di dunia
Norwegia, salah satu negara Nordik yang dinilai sebagai negara paling bahagia di dunia. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Negara-negara Nordik seringkali menempati peringkat teratas dalam World Happiness Report. Mereka dikenal sebagai negara paling bahagia di dunia.  Nordik adalah sebutan untuk negara-negara yang secara geografisnya terletak di bagian Timur Eropa dan Samudera Atlantik Utara.

Pada dasarnya Negara-negara Nordik ini terdiri dari 3 negara yang terletak di semenanjung Skandinavia yaitu Norwegia, Swedia dan Denmark. Kemudian ditambah dua negara Eropa lainnya yaitu Finlandia dan Islandia.

Menurut Professor Columbia University, Jeff Sachs, keberhasilan negara-negara Nordik menjadi Negara paling bahagia bukanlah sebuah kebetulan. Mereka memiliki cara hidup yang memprioritaskan keseimbangan.

Hal tersebut menjadi formula untuk mencapai kebahagiaan masyarakat Nordik. Kira-kira kenapa masyarakat Nordik bisa menjadi masyarakat paling bahagia sedunia? Mari kita simak ulasan berikut.

1. Institusi Berkualitas

Menurut Corruption Perceptions Index 2020, tingkat korupsi di kawasan Nordik cukup rendah. Kebijakan pemerintah negara nordik juga dinilai lebih mengutamakan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu, mereka termasuk jajaran teratas dalam kualitas pemerintahan yang baik.

2. Kebebasan Berpendapat dan Pers

Empat negara Nordik yakni Norwegia, Finlandia, Denmark, dan Swedia menduduki peringkat teratas dalam Pers Freedom Index 2020. Hal ini membuktikan bahwa kebebasan berpendapat baik bagi masyarakat maupun bagi jurnalis sangat terjamin. Persekusi terhadap warga di negara Nordik juga hampir tidak ada. Seluruh warga di sana memiliki kebebasan untuk mengutarakan pendapatnya dan memiliki akses terhadap media objektf.

3. Akses Kesehatan Gratis

World Health Organization (WHO) menilai negara-negara Nordik sebagai negara yang memiliki fasilitas kesehatan tinggi. Seluruh warga di kawasan itu dilindungi dengan sistem perawatan kesehatan komprehensif yang dibiayai publik. Mayoritas akses ke fasilitas kesehatan digratiskan atau membayar dengan harga rendah. Bahkan life expectancy dinilai 2-3 tahun lebih lama dari Amerika Serikat.

4. Akses Pendidikan Gratis

Tidak hanya kesehatan, akses pendidikan bagi warganya juga dijamin oleh pemerintah. Mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Negara Nordik kerap menjadi role model bagi negara lain dalam sistem pendidikannya. Mayoritas mereka memiliki kebijakan kuliah gratis bagi mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.

5. Work-Life Balance

Walaupun Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita negara-negara Nordik cukup tinggi, tetapi pekerja di sana terkenal memiliki kehidupan sosial yang seimbang. Mereka sangat menjunjung tinggi work-life balance. Salah satu contohnya adalah Norwegia, tiap tahun masyarakat di negara ini rata-rata bekerja selama 37.5 jam per pekan atau 359 jam lebih sedikit dari AS. Tetapi mereka tetap memiliki nilai PDB lebih tinggi.

6. Ketimpangan Ekonomi Relatif Rendah

Negara-negara Nordik merupakan Negara maju yang rata-rata penghasilan masyarakatnya cukup tinggi dan menjadikan kondisi ekonominya berada di tingkatan yang setara. Walau ada kesenjangan sosial, namun kesenjangan tersebut tidak seluas negara-negara lain. Upah yang diberikan oleh tiap instansi juga setara, tanpa membeda-bedakan gender pekerja. Bahkan beberapa negara Nordik mewajibkan perusahaan untuk memberikan cuti berbayar bagi karyawannya.

Itu dia cara negara kawasan Nordik menjadi yang paling bahagia di dunia.

  • Bagikan