7 Rekomendasi Film Horor Indonesia Bikin Weekend Makin Seru, Mana yang Terseram?

Film horor Indonesia.
Poster film Menjelang Magrib.(Foto: Pinterest)

Tugujatim.id Kamu pencinta film horor tidak afdal rasanya jika belum menikmati karya anak bangsa sendiri. Ya, Tugu Jatim bakal merekomendasikan film horor Indonesia yang bakal bikin weekend bersama keluarga maupun teman makin seru dan menantang. Sebab, banyak sutradara Indonesia yang berlomba-lomba membuat film horor yang tentunya kualitas filmnya tidak kalah dari film garapan luar negeri lho.

Ada beberapa rekomendasi film horor Indonesia yang pastinya bikin kamu bakalan spot jantung hingga bikin bulu kuduk berdiri. Nggak percaya? Yuk, simak beberapa rekomendasi berikut ini!

1. Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan. (Foto: Pinterest)

Rekomendasi film horor pertama adalah Pengabdi Setan. Film horor asli Indonesia yang telah mendunia ini telah mendapat banyak penghargaan dan ditayangkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia.

Pengabdi Setan menceritakan tentang kisah sebuah keluarga yang dirundung duka mendalam karena ibunya baru saja berpulang. Setelah duka itu, ayah mereka tetap harus mencari nafkah di luar kota dan meninggalkan anak-anaknya.

Setelah ayahnya pergi, mereka merasa bahwa ibunya yang telah meninggal dunia itu kembali ke rumah. Situasi semakin menegangkan karena sang ibu tidak hanya “kembali”, tapi juga ingin menjemput nyawa para anggota keluarga.

Karena antusias banyak orang, Pengabdi Setan pun dibuat sekuel keduanya berjudul “Pengabdi Setan 2: Communion”. Film ini sudah tersedia di Netflix. Film ini merupakan cerita lanjutan dari anak-anak yang berhasil keluar dari rumah menyeramkan itu dan pindah ke sebuah kos-kosan. Namun yang tidak mereka sadari adalah gangguan menyeramkan itu muncul kembali.

2. Perempuan Tanah Jahanam

Poster Perempuan Tanah Jahanam. (Foto: Pinterest)

Rekomendasi film horor Indonesia yang kedua adalah Perempuan Tanah Jahanan. Film garapan Joko Anwar pada 2019 itu telah meraih banyak Piala Citra. Di ajang itu, mereka berhasil merebut piala kategori best feature film, best film editor, best cinematography, dan lain-lainnya.

Film ini diperankan oleh beberapa aktris dan aktor terkenal seperti Tara Basro, Marissa Anita, Ario Bayu, dan Christine Hakiem. Film horor ini bercerita tentang Maya yang diperankan oleh Tara Basro, dan bersama sahabatnya Dini diperankan oleh Marissa Anita, yang selalu merasa gagal saat mengadu nasib di Kota Jakarta. Sampai akhirnya Maya memutuskan pergi ke kampung halaman karena mendapat informasi bahwa dia akan mendapatkan banyak warisan dari orang tua.

Saat Maya pergi bersama dengan Dini, mereka tidak sadar bahwa sebuah kejadian menyeramkan telah menanti mereka berdua.

3. Keramat

Film seram berjudul Keramat. (Foto: Pinterest)

Rekomendasi film horor terseram sepanjang masa lainnya berjudul Keramat. Banyak orang mengaku adegan dalam film ini sangat bermakna hingga membekas di ingatan.

Film Keramat yang dirilis pada 2009 bercerita tentang Poppy Sovia dan teman-teman kru lainnya yang sedang melakukan syuting untuk film Menari di Atas Angin. Lokasi syutingnya berada di Kota Bantul, Yogyakarta. Namun, siapa sangka proses syutingnya berjalan tidak lancar dan mereka semua terkena gangguan mistis oleh makhluk tak kasatmata.

Proses syuting pun menjadi kacau. Banyak kru hingga artis yang tiba-tiba menghilang dan mengalami kejadian nahas.

4. Mata Batin

Poster Mata Batin. (Foto: Pinterest)

Film Mata Batin menceritakan tentang Alia yang diperankan oleh Jessica Mila. Dia memiliki adik dengan keahlian khusus. Adik Alia, Abel, mengaku sering melihat makhluk-makhluk halus di rumahnya.

Alia berusaha untuk membawa Abel ke psikiater, tapi adiknya menolak karena merasa bahwa mata batinnya telah terbuka semenjak kecil. Untuk membuat Alia percaya, akhirnya Abel membawa Alia ke seorang paranormal bernama Bu Windu agar mata batinnya dibuka.

Akhirnya Alia memiliki kemampuan yang sama dengan Abel. Namun petaka muncul karena energi negatif dari makhluk halus itu terlalu banyak, Abel dan Alia jadi disakiti oleh mereka yang tak kasatmata itu. Cerita Alia dan Abel yang dirilis pada 2017 ini berlanjut pada film Mata Batin 2 yang sudah tayang pada 2019.

5. Alas Pati

Film Alas Pati. (Foto: Pinterest)

Cerita horor ini bermula saat lima sahabat bernama Raya, Dito, Jessy, Vega, dan Rendy mempunyai sebuah channel YouTube yang menceritakan kisah horor. Untuk mengambil video menarik lainnya, mereka pergi ke hutan bernama Alas Pati atau yang berarti hutan mati.

Konon Alas Pati memiliki cerita misteri yang melegenda sehingga menjadi kawasan terlarang. Karena berani mendatangi kawasan terlarang tersebut, maka salah satu temannya bernama Jessy tewas di dalam hutan itu. Bukannya menolong mayat Jessy, mereka justru pergi meninggalkan mayatnya. Akhirnya Jessy gentayangan dan menuntut semua teman-temannya untuk mati bersamanya di Alas Pati.

6. Danur: I Can See Ghost

Poster film Danur: I Can See Ghost.(Foto: Pinterest)

Film Danur merupakan salah satu film horor terbaik di Indonesia. Danur diambil dari kisah nyata seorang YouTuber spesialis konten horor bernama Risa Saraswati. Film ini menjadi bagian awal dari cerita Risa yang memiliki kemampuan indigo.

Film ini bercerita tentang masa kecil Risa yang selalu merasa kesepian karena orang tuanya sibuk bekerja dan dia selalu bermain sendiri di rumah. Suatu hari tiba-tiba ada tiga anak laki-laki keturunan Belanda yaitu William, Janshen, dan Peter. Risa sangat senang dengan kehadiran mereka.

Sampai suatu saat ibu Risa menyadari ada sesuatu yang aneh dari anaknya. Akhirnya ibu Risa memanggil paranormal untuk anaknya agar dapat melihat wujud asli dari tiga anak laki-laki itu.

Ternyata mereka bertiga adalah korban yang mati pada saat Jepang menyerang Belanda dan menguasai Indonesia pada zaman itu. Risa sempat berjauhan dengan tiga hantu tersebut, tapi tak lama hantu tersebut dapat kembali menjadi temannya. Namun, kisah mereka tidak sampai di situ saja, jadi kalau kamu penasaran harus nonton lanjutannya pada film Danur 2.

7. Menjelang Magrib

Poster film Menjelang Magrib.(Foto: Pinterest)

Cerita Menjelang Magrib bermula saat tiga mahasiswa jurusan psikologi bernama Thalia, Ahmad, dan Erlan sedang melakukan penelitian bersama untuk skripsinya. Mereka bertiga meneliti seorang wanita yang mengalami gangguan jiwa bernama Nina yang dipasung oleh keluarganya.

Ternyata selain gila, Nina juga sering mengalami kerasukan dan bertingkah menyeramkan. Inilah yang pada akhirnya membuat mereka bertiga terjebak dalam situasi berbahaya.

Nah, jadi itulah rekomendasi film horor versi Tugu Jatim. Kira-kira film paling menyeramkan itu yang mana? (M4)

Exit mobile version