8 Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Ilustrasi perempuan cegukan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Pernahkah Anda berpikir tentang hal apa yang bisa menyebabkan cegukan? Jika iya, apa Anda sudah menemukan jawabannya? Simak penyebab-penyebab dan cara mengatasi cegukan di bawah ini. Mungkin ada beberapa alasan yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba (kejang) otot diafragma. Saat otot kejang, pita suara menutup, dan menghasilkan suara cegukan.

Dilansir dari medicinenet.com, cegukan seringkali memiliki irama tertentu. Mereka biasanya hanya gangguan kecil sementara, tetapi cegukan yang berkepanjangan mungkin menandakan masalah medis yang serius. Serangan cegukan terpanjang yang tercatat adalah enam dekade!

Perempuan dan pria cenderung sama seringnya mengalami cegukan,akan tetapi cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam lebih sering terjadi pada pria. Cegukan bahkan bisa terjadi pada janin saat masih dalam kandungan.

Istilah medis untuk cegukan adalah singultus, yang berasal dari kata Latin untuk “terkesiap” atau “terisak”.Dari kebanyakan kasus, tidak ada penyebab yang jelas untuk cegukan. Namun, ada beberapa penyebab cegukan yang umum diketahui.

Penyebab Cegukan

1. Makan terlalu cepat dan menelan udara bersamaan dengan makanan.
2. Makan terlalu banyak (khususnya makanan berlemak atau pedas) atau minum terlalu banyak (minuman berkarbonasi atau alkohol) dapat membuat perut buncit dan mengiritasi diafragma, yang dapat menyebabkan cegukan.
3. Setiap penyakit atau gangguan yang mengiritasi saraf yang mengontrol diafragma (seperti penyakit hati, pneumonia, atau gangguan paru-paru lainnya).
4. Operasi perut juga dapat mengiritasi saraf yang mengontrol diafragma, sehingga menyebabkan cegukan.
5. Stroke atau tumor otak yang melibatkan batang otak, dan beberapa gangguan medis kronis (seperti gagal ginjal) juga telah dilaporkan menyebabkan cegukan.
6. Asap berbahaya juga bisa memicu cegukan.
7. Perubahan suhu yang tiba-tiba.
8. Ketakutan atau kegembiraan.

Obat yang punya efek samping cegukan:

1. Obat untuk refluks asam
2. Kebanyakan benzodiazepin, termasuk diazepam (Valium), alprazolam (Xanax), dan lorazepam (Ativan)
3. Levodopa, nikotin, dan ondansetron (Zofran)

Metode untuk menghilangkan cegukan:

1. Tahan nafasmu
Selain itu ada teknik yang merangsang nasofaring dan saraf vagus, yang berjalan dari otak ke perut, dan dapat mengurangi cegukan:
1. Minum segelas air dengan cepat
2. Meminta seseorang untuk membuat Anda terkejut
3. Tarik keras lidahmu
4. Menggigit lemon
5. Berkumur dengan air
6. Minum dari ujung gelas
7. Gunakan garam berbau
8. Letakkan setengah sendok teh gula kering di bagian belakang lidah Anda. (Proses ini dapat diulang tiga kali dengan interval 2 menit. Gunakan sirup jagung, bukan gula, untuk anak kecil.)

Cegukan umumnya hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan medis, namun jika cegukan berlangsung lebih dari tiga jam atau mengganggu makan atau tidur, Anda mungkin menemui Penyedia Perawatan Primer atau Primary Care Providers (PCP) Anda seperti dokter keluarga, dokter penyakit dalam, atau dokter spesialis anak.

Cegukan tidak selalu bisa dicegah. Tetapi, dengan menghindari makan berlebihan, makan terlalu cepat, atau minum terlalu banyak dapat membantu mencegah cegukan.

Semoga informasi diatas dapat membantu Anda untuk lebih mengenal penyebab umum dan cara mengatasi cegukan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jika cegukan Anda tidak kunjung berhenti, segera hubungi dokter.

  • Bagikan