Amazing Malang Peduli Bikin Gerakan Donasi Rp 100 Ribu untuk Kebutuhan Tabung Oksigen - Tugujatim.id

Amazing Malang Peduli Bikin Gerakan Donasi Rp 100 Ribu untuk Kebutuhan Tabung Oksigen

  • Bagikan
Poster gerakan yang dilakukan Amazing Malang Peduli. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Poster gerakan yang dilakukan Amazing Malang Peduli. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Amazing Malang Peduli yang digagas oleh CEO Malang Strudel Donny Kris Puroyono membuat gerakan donasi Rp 100 ribu untuk membantu masyarakat terpapar Covid-19 dan membutuhkan tabung oksigen dengan segera.

Donny menceritakan, gerakan ini bermula saat dirinya mendapat banyak permintaan tabung oksigen melalui pesan SMS.

“Kami melakukan donasi karena saya sendiri sekarang membantu teman-teman yang terkena Covid-19 dengan ambulans Malang Strudel. Kami punya 2 ambulans, dan yang satu unit kami jadikan untuk mobil Covid-19 full,” bebernya saat dikonfirmasi jurnalis Tugumalang.id, partner Tugujatim.id, Sabtu (24/07/2021).

“Kebetulan dari ambulans Covid-19 ini, kami banyak permintaan untuk tabung oksigen. Jadi, banyak SMS yang masuk karena ibunya kritis, anaknya juga itu banyak banget. Dan kebutuhan tabung di Malang juga gak mencukupi, bahkan se-Indonesia juga ya. Kami lihat di Malang sudah overload dan gak ada tabung sama sekali,” sambungnya.

Berangkat dari situlah, mantan Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA) ini mencoba mencari tabung oksigen yang masih dijual di Malang. Dan alangkah kagetnya saat tahu harga satu tabung kecil bisa mencapai Rp 7 juta.

“Akhirnya saya memberanikan diri untuk menghubungi teman-teman importir untuk membantu mengimporkan tabung tadi. Kemudian saya bikin gerakan Amazing Malang Peduli, intinya cukup donasi Rp 100 ribu saja. Karena memang semua terdampak karena PPKM, jadi donasinya gak perlu besar-besar, tapi kalau terkumpul 2.000 orang aja kan bisa Rp 200 juta sehingga dapat sekitar 100 tabung,” paparnya.

Amazing Malang Peduli sendiri rencananya akan meminjamkan tabung-tabung oksigen tersebut secara gratis kepada setiap orang yang membutuhkan.

“Kami juga sudah dihubungi Pemkot Malang, katanya mereka juga ada program mau kasih tabung per kelurahan. Sehingga tabung kami di-standby-kan, lalu dipinjamkan gratis ke masyarakat, tinggal ninggalin KTP gitu aja,” ungkapnya.

Sampai saat ini, Donny mengatakan, kalau permintaan tabung oksigen di Amazing Malang Peduli sudah lebih dari 30 tabung.

“Dan itu permintaan malah bukan ke Amazing Malang Peduli, tapi ke ambulans Malang Strudel,” paparnya.

Terakhir, dia mengatakan, donasi ini bukan hanya sekadar mengumpulkan uang untuk membeli tabung, tapi terkait empati pada para korban Covid-19.

“Ini bukan hanya sekadar pengadaan tabung aja, tapi ini sekaligus membangkitkan rasa empati kita sebagai warga masyarakat Malang. Supaya kita bisa berempati pada saudara-saudara yang membutuhkan, dan kita ikut berpartisipasi aktif supaya pandemi di Malang segera berakhir sehingga semua bisa hidup normal lagi,” ujarnya.

Terbaru, donasi yang dikumpulkan oleh Amazing Malang Peduli sudah mencapai angka Rp 98.120.000. Dan ditargetkan pada 5 Agustus 2021 sudah terkumpul Rp 200 juta agar tabung-tabung tersebut bisa langsung dipinjamkan.

Untuk melakukan donasi, bisa langsung ditransfer ke nomor rekening Bank Syariah Indonesia (ex. BSM) 7411411518 atas nama Amazing Malang Peduli.

Konfirmasi transfer dapat dilakukan melalui WhatsApp ke nomor 0878-4051-1300.

  • Bagikan