News  

Aremania Mergosono Turun ke Jalan Tuntut Keadilan Bagi Korban Tragedi Kanjuruhan

aremania tugu jatim
Ratusan Aremania Mergosono melakukan aksi di Fly Over Mergosono, Kota Malang. Foto: M Sholeh/Tugu Jatim

MALANG, Tugujatim.id – Tuntutan keadilan bagi korban tragedi Kanjuruhan kembali menggelora di Kota Malang, Jawa Timur. Ratusan Aremania Mergosono turun ke jalan menyampikan aspirasi di Fly Over Mergosono, Kota Malang, pada Minggu (13/11/2022) sore.

Tampak sejumlah spanduk tuntutan dibentangkan dalam aksi itu, salah satunya bertuliskan “Pidanakan Aparat Pembunuh” hingga “Tangkap Pembunuh” dengan disertai foto aparat diduga penembak gas air mata dalam tragedi Kanjuruhan.

Salah satu orator aksi mengaku aksi ini sebagai bentuk kekecewaan atas lambannya pengusutan tragedi Kanjuruhan. Padahal, 40 hari tragedi Kanjuruhan telah berlalu. “Duka serta amarah masih mengendap di setiap korban dan keluarga korban. Mereka (oknum aparat) telah merampas hak hidup rakyat. Tragedi ini mengakibatkan banyak nyawa hilang,” ucapnya.

aremania tugu jatim
Ratusan Aremania Mergosono melakukan aksi di Fly Over Mergosono, Kota Malang. Foto: M Sholeh/Tugu Jatim

Dia juga mengaku kecewa kepada pihak kepolisian yang menangani pengusutan tragedi Kanjuruhan yang dinilai menebar citra dan pembelaan seakan tidak terjadi kesalahan.

Untuk itu, dia menuntut agar penyidik segera menemukan dan mengadili pelaku-pelaku yang terlibat dan bersalah dalam tragedi Kanjuruhan, terutama pelaku penembakan gas air mata. “Kami juga menuntut pihak-pihak terkait bertanggung jawab. Temukan penembak gas air mata ini yang merenggut nyawa,” desaknya.

Dia juga menuntut Komnas HAM untuk mendalami temuan dan segera menetapkan tragedi Kanjuruhan sebagai pelanggaran HAM berat.

Dalam akhir penyampaian tuntutan, mereka melakukan long march ke sekitar Jalan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, hingga membubarkan diri.