News  

Banjir Bandang Landa Kota Malang, Ratusan Warga Diungsikan

Warga RW 9 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang berbondong bondong mengungsi dalam proses evakuasi akibat banjir bandang. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Warga RW 9 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang berbondong bondong mengungsi dalam proses evakuasi akibat banjir bandang. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Tak hanya Kota Batu, banjir bandang juga menerjang kawasan Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Kamis (4/11/2021). Buntut kejadian ini, ratusan warga terpaksa diungsikan ke tempat lebih aman menjauh bibir Sungai Brantas.

“Tadi sekitar pukul 17.00 WIB, saat saya berada di dapur tiba tiba air masuk rumah. Suaranya gemuruh, tiba tiba air sudah se dada,” ujar Dul Samat (70), warga Kelurahan Jatimulyo yang terdampak banjir bandang.

Dia mengatakan, hanya sempat menyelamatkan barang barang yang bisa dibawa saja. Kemudian dengan cepat, Dul Samat segera menyelamatkan diri dari banjir bandang.

“Semua perabotan rumah, mulai TV, kulkas, kasur hingga sepeda motor hanyut. Tadi pohon pohon juga ada yang tumbang,” imbuhnya.

Menurutnya, semua rumah disekitarnya terdampak banjir bandang tersebut. Namun dia tak mengetahui berapa banyak rumah yang terdampak banjir tersebut.

Sementara itu hingga berita ini ditulis, Tim Gabungan Pengendalian Bencana Kota Malang yang terdiri dari BPBD, Damkar, TNI Polri hingga PMI masih melakukan evakuasi kepada ratusan warga tersebut.

Camat Lowokwaru, Jao Maria Gomes mengatakan bahwa saat ini masih ada warga yang berada di dalam rumah terdampak banjir itu.

“Data sementara, di RW 9 Kelurahan Jatimulyo saja ada sekitar 50 KK yang diungsikan ke Balai RW, belum di lokasi lain,” jelasnya ditemui di lokasi.

“Kita pastikan akan kita naikkan semua karena takutnya ada banjir susulan. Informasinya di Kota Batu masih hujan dan ada yang jebol di Sengkaling,” imbuhnya.