Motivasi Meningkatkan Kinerja
Saat silaturahim ke Muliawan, buku-buku “super best seller” itu sedang diangkut pesawat dari Sidoarjo menuju Lombok. Kota Sidoarjo merupakan satu dari enam tempat penyimpanan stok semua buku. Lima kota lainnya adalah Malang, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, dan Bogor.
“Selamat Sore Bapak Aqua. Kalau memungkinkan buku-bukunya kami terima hari ini. Semalam-malamnya ataupun besok pagi, sepagi-paginya. Karena kami setiap hari Jumat sekitar pukul 07.00 ada acara “Wake Up Morning” kepada seluruh karyawan di banking hall. Acaranya sekitar 30 menit, sebelum pelayanan. Waktunya bagus dan pas sekali untuk kami hadiahkan kepada seluruh karyawan agar memahami pentingnya silaturahim buat perkembangan diri mereka dan Bank BPD Bali tempat mereka bekerja,” pesan Muliawan lewat whatsapp (WA) sesaat setelah Dr Aqua meninggalkan kantornya.
Sekitar setengah jam setelah itu, ratusan eksemplar pesanan bukunya tiba di kantor Muliawan. Dr Aqua yang langsung mengantarkannya setelah minta tolong kepada sopir temannya untuk mengambilkan buku-bukunya di bagian kargo di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok Tengah.
Muliawan senang dengan hal tersebut karena rencananya Jumat pagi, 25 Juni 2021 membagikan buku-buku ke jajarannya terwujud. Kesenangannya bertambah saat Dr Aqua menyatakan siap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada acara “Wake Up Morning” itu.
“Dengan senang hati Pak Aqua. Suatu kebanggaan bagi Bank BPD Bali Cabang Mataram apabila bapak berkenan hadir memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada seluruh karyawan kami,” ujar Muliawan sambil menugaskan sopirnya untuk menjemput Dr Aqua di Hotel Aston Mataram tempatnya menginap.
Kepada semua karyawan Bank BPD Bali Cabang Mataram Dr Aqua menyampaikan agar bersyukur karena sehat saat pandemi Covid-19. Hal itu harus dijadikan motivasi untuk meningkatkan kinerja sehingga dapat memenuhi target yang telah ditetapkan manajemen.
“Kalau saya menjadi karyawan Bank BPD Bali Cabang Mataram, target dan upaya maksimal yang dilakukan adalah menjadikan cabang ini yang terbaik di antara seluruh kantor Cabang Bank BPD Bali. Saya yakin terwujud. Apalagi kantor cabang satu-satunya di luar Bali ini dipimpin oleh Pak Muliawan yang hebat, luar biasa, dan senang silaturahim,” papar Dr Aqua menyemangati seluruh yang hadir.
Selain itu, lanjut Dr Aqua, harus bersyukur bekerja di Bank BPD Bali yang sangat terkenal. Sehingga lebih mudah saat berkomunikasi dan memasarkan produk kepada para nasabah dan calon nasabah.
Pada acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu kepada semua penanya, Dr Aqua memberikan sejumlah uang. Selain sebagai hadiah kejutan, juga untuk memotivasi mereka agar mau bertanya.
Kebiasaan berbagi rejeki termasuk sejumlah uang adalah ciri khas anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) Pusat itu setiap Sharing Komunikasi dan Motivasi. Dr Aqua senang dan bahagia bisa melakukan itu.
Beberapa jam setelah acara itu, kepada Dr Aqua, Muliawan kirim foto dan WA. “Pak Aqua, saya baru saja ketemu nasabah, Bapak Deny Satya Premana. Beliau pemilik Hotel Tambora di Sumbawa. Pak Denny senang sekali saat saya berikan buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim karya bapak. Beliau titip salam hormat buat Pak Aqua.”
Menurut Muliawan kedua buku “super best seller” itu sangat efektif buat sarana kontak dengan para nasabah. Harganya tidak mahal dan manfaatnya besar sekali buat yang membacanya.
Beberapa hari kemudian, Muliawan yang aktif melaksanakan silaturahim tanpa pamrih kembali kirim WA ke Dr Aqua. Mengabarkan aktivitas yang dilakukannya.
“Pak Aqua tadi saya ketemu Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat Bapak Fathurrahman dan CEO NTB Mall Bapak Ricky Hartono Putra. Kepada beliau berdua, saya berikan buku karya bapak yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”. Mereka sangat senang menerimanya,” pungkas Muliawan yang bertekad untuk terus melaksanakan silaturahim tanpa pamrih. (*)