News  

Cari Lokasi Mancing, Warga Singosari Malang Malah Temukan Granat Aktif di Sungai Belong

Granat aktif. (Foto: Dok Polres Malang/Tugu Jatim)
Kegiatan disposal granat aktif yang ditemukan pemancing di Sungai Belong, Kabupaten Malang, oleh Sat Brimob Polda Jawa Timur, Senin (08/08/2022). (Foto: Dok Polres Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Penemuan granat aktif kali pertama diketahui oleh seorang pemancing bernama Wisnu, 55, di sepanjang aliran Sungai Belong, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Senin (08/08/2022), sekitar pukul 07.30. Dia menemukan benda lonjong berbahan besi dengan pengait saat berjalan mencari lokasi memancing.

Dia langsung melapor kepada ketua RW setempat karena mengetahui benda itu berbahaya. Petugas dari Polsek Singosari dan anggota Koramil 0818 Singosari mendatangi lokasi tempat benda yang diduga granat aktif tersebut berada.

Granat aktif. (Foto: Dok Polres Malang/Tugu Jatim)
Petugas Sat Brimob Polda Jawa Timur saat akan melakukan disposal pada granat aktif, Senin (08/08/2022). (Foto: Dok Polres Malang)

“Barang itu diduga granat tangan jenis fregmentasi MK 2,” ujar Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat saat dikonfirmasi pada Senin (08/08/2022).

Dia menambahkan, anggota Polsek Singosari kemudian melapor guna meminta bantuan kepada Satuan Brimob Polda Jawa Timur. Sekitar pukul 11.12, lima personel Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim tiba di lokasi dan melakukan pengecekan. Granat ini diketahui masih aktif.

Mereka kemudian membungkus granat aktif tersebut dengan menggunakan bomb blanket dan membawanya ke Dusun Petung Wulung, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, untuk disposal.

Granat aktif. (Foto: Dok Polres Malang/Tugu Jatim)
Petugas Sat Brimob Polda Jawa Timur persiapan sebelum melakukan disposal pada granat aktif, Senin (08/08/2022). (Foto: Dok Polres Malang)

“Pemilihan lokasi dikarenakan tempatnya sepi dan jauh dari pemukiman warga,” imbuh Ferli.

Sekitar pukul 12.15, rangkaian kegiatan disposal dilakukan. Menurut Kapolsek Singosari Kompol Achmad Robial, kegiatan disposal berhasil dilakukan dengan lancar.

“Alhamdulillah, disposal berlangsung aman dan terkendali,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim