Early Bird dan Night Owl, Kamu Tim Mana? - Tugujatim.id

Early Bird dan Night Owl, Kamu Tim Mana?

  • Bagikan
early bird night owl. Hobi bangun pagi, begadang tengah malam
Ilustrasi early bird dan night owl. Apa sih perbedaannya? (Foto: Pixabay)

Apa kamu pernah dicap pemalas karena tidur di pagi hari dan bangun di sepanjang malam untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan? Seringkali cap yang diberikan masyarakat cukup membuat pusing ditambah dengan deretan informasi kesehatan dampak buruk dari kurang tidur. Apabila kita mengubah kebiasaan seringkali otak tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Lantas bagaimanakah seharusnya? Mengetahui perbedaan apakah kamu seorang yang aktif di pagi hari atau malam akan membantumu memecahkan ini.

Baca Juga: 5 Skill Penting untuk Sambut Tahun 2021

Perbedaan Early Bird dan Night Owl

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah tahu bahwa pelabelan nama early bird atau night owl didasarkan dari di waktu mana kamu merasa paling produktif. Seorang early bird adalah tipe yang aktif di pagi hari dan berada pada tingkat maksimal untuk melakukan aktivitas secara produktif. Sedangkan night owl lebih memilih waktu pagi untuk beristirahat dan aktif di malam hari selayaknya burung hantu.

persiapan berangkat kerja di pagi hari
Ilustrasi early bird, bangun di awal pagi dan bersiap untuk berangkat kerja. (Foto: Unsplash)

 

Satu hal yang harus diperhatikan bahwa dengan menjadi early bird ataupun night owl bukan berarti kamu memiliki sejumlah kemampuan khusus yang hanya dimiliki di masing-masing kelompok ini.

Manfaat menjadi seorang Early Bird

Lantas apa manfaat yang bisa kamu dapat jika selalu bangun di pagi hari? Bangun pagi sering diasosiasikan dengan keceriaan dan semangat pagi. Sudah banyak tercatat deretan orang sukses dengan kebiasaan abngun paginya seperti Richard Branson dan Mark Zuckerberg.

Baca Juga: 12 Aplikasi untuk Membuat Hidup Lebih Terorganisir

Sebuah studi juga menemukan bahwa orang yang produktif di pagi hari juga cenderung memiliki pikiran yang lebih positif dalam menjalani hari. Hal terpenting yang bisa kamu peroleh dengan menjadi early bird adalah mendapat ketenangan dimana belum banyak orang yang terbangun.

Manfaat menjadi seorang Night Owl

Sebuah studi oleh University of Leige di Belgium membuktikan bahwa orang yang aktif di malam hari cenderung memiliki stamina mental yang lebih baik. Selain itu seorang yang memilih untuk memulai aktivitasnya di malam hari juga bisa menjadi lebih kreatif. Hal ini dikarenakan beraktivitas di malam hari bertentangan dengan kebiasaan normal manusia yang memunculkan sebuah pemikiran inovatif.

Haruskan kamu mengubah kebiasaanmu?

Pada dasarnya bangun pagi memang sebuah kebutuhan karena seorang pengusaha bahkan pelajar tentu akan memulai aktivitasnya di pagi hari. Terlepas dari beberapa hal ini tidak mengharuskan kamu untuk mengubah kebiasaan yang memang membuatmu lebih produktif. Faktanya kita juga tahu bahwa ada sejumlah pengusaha sukses yang dikenal dengan kebiasaannya bangun terlambat seperti CEO Buzzfeed- Jonah Peretti dan penulis James Joyce.

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

Hal yang bisa kamu lakukan

Tidak perlu memaksa dirimu untuk bangun pagi setiap hari ketika kamu memang merasa produktif di malam hari. Jika kamu memang menginginkan perubahan gaya hidup maka cobalah lakukan secara bertahap dan lihat jika hasilnya memang lebih baik. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: gothinkbig.co.uk

  • Bagikan