Exploding Head Syndrome: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Exploding Head Syndrome: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Ilustrasi orang yang mengalami Exploding Head Syndrome. /tugu malang
Ilustrasi orang yang mengalami Exploding Head Syndrome. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Tidur merupakan salah satu kegiatan beristirahat yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk melepas diri dari keletihan setelah menjalani aktivitas tetentu. Namun seringkali kita mengalami gangguan saat tidur.

Salah satu gangguan tidur adalah Exploding Head Syndrome. Gangguan ini berupa sindrom kepala meledak di mana penderitanya mengalami gangguan tidur disebabkan halusinasi mendengar dentuman keras di telinga.

Meskipun dentuman itu tidak nyata, namun penderita akan tetap merasa mendengar dentuman tersebut yang menyebabkan frustasi, sehingga kualitas tidurnya menurun bahkan insomnia. Lalu apa penyebab, dan gejala dan cara mengatasi sindrom ini? Simak ulasan berikut.

Penyebab

Dilansir melalui primayahospital.com, ada beberapa penyebab exploding head syndrome, antara lain kejang parsial pada bagian lobus temporal otak. Pergeseran bagian kecil dalam tuba eustachius di telinga tengah ataupun stres atau kecemasan yang berlebihan.

Meskipun begitu ada kemungkinan penyebab lain dari suara keras tersebut seperti penyakit gangguan tidur lainnya,  efek samping obat yang sedang diminum, kondisi psikologis lainnya ataupun akibat penyalahgunaan alkohol dan obat terlarang.

Gejala

Orang yang mengalami exploding head syndrome pada mulanya akan mengalami gangguan penglihatan sebelum akhirnya mereka mendengar dentuman yang muncul dari kepala mereka. Hal tersebut biasa terjadi pada saat mereka akan tidur maupun terbangun dari tidur.

Selain itu, penderita sindrom ini juga akan mengalami gejala lain seperti insomnia, sakit kepala atau migrain, gangguan kecemasan dan ketakutan, mudah lelah, bahkan gangguan pada ingatan.

Peneliti juga mengatakan bahwa gangguan ini lebih rentan terjadi pada orang-orang dengan tingkat stres yang tinggi, serta lebih banyak menyerang wanita dengan rentang usia 50 tahun keatas.

Solusi

Ada beberapa solusi dan tips yang dapat diterapkan bagi penderita exploding head syndrome, antara lain:
1. Tidur yang cukup.
2. Rutin berolahraga.
3. Mengurangi mengonsumsi alkohol karena dapat menyebabkan insomnia.
4. Mencari kegiatan yang membuat rileks, seperti mandi dengan air hangat, melihat tanaman hijau, atau membaca buku favorit.
5. Pastikan tempat tidur Anda senyaman mungkin untuk menjaga kualitas tidur.
6. Menjauhkan gadget sebelum dan selama tidur.

  • Bagikan