Gelar Webinar Pendidikan, Pondok Inspirasi Siapkan Pemuda Hadapi Dunia Kerja

Gelar Webinar Pendidikan, Pondok Inspirasi Siapkan Pemuda Hadapi Dunia Kerja

  • Bagikan
Sesi diskusi bersama Sony Hidayat dan Tanti Mantily Dewi membahas pentingnya menguasai kompetensi untuk menyiapkan diri dalam memasuki dunia kerja/tugu jatim
Sesi diskusi bersama Sony Hidayat dan Tanti Mantily Dewi membahas pentingnya menguasai kompetensi untuk menyiapkan diri dalam memasuki dunia kerja. (Foto: Dokumen/Moh Rizal Pratama)

Tugujatim.id – Pondok Inspirasi (Pondasi) menggelar webinar series pendidikan dan dunia kerja pada Minggu (22/8/2021). Webinar kali ini menghadirkan topik yang menarik untuk anak muda dan mahasiswa, terutama yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Hadir sebagai pemateri Sony Hidayat, General Manager Manufaktur PT Paragon Technology and Innovation, kemudian turut hadir Tanti Mantily Dewi Talent Acquisition Corporate Coach and Psikolog PT Paragon Technology and Innovation, Dania Asri Dewi, Head of Paragon Profiling Center PT Paragon Technology and Innovation, serta Rico Juni Artanto, Coach & Konsultan CSR PT Paragon Technology and Innovation.

Para pembicara keren ini membahas pentingnya rasa percaya diri dan mengoptimalkan kompetensi diri untuk memasuki dunia kerja.

Tanti Mantily Dewi mengatakan setiap orang dilahirkan mempunyai misi dan dibekali kemampuan oleh tuhan yang maha esa. Mereka mampu mengembangkan setiap potensi yang berada di dalam diri tersebut.

“Ketika kita lahir, kita memiliki misi hidup dan tuhan sudah membekali itu semua tinggal kita mengasah dan mengembangkannya,” ujar Tanti.

Esensi dari manusia dilahirkan, Tanti Melanjutkan, adalah untuk bermanfaat pada orang lain. Potensi dan kemampuan yang dimiliki harus dikombinasikan dengan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian.

Mereka yang mampu menyelaraskan itu semua akan mampu bersaing dan menjadi pembelajar, pemimpin, dan pemenang dalam persaingan dunia kerja.

Hal yang sama dikatakan Sony Hidayat, bahwa manusia sudah dibekali oleh tuhan potensi tinggal  menggali dan mengembangkannya.

“Apapun yang kita lakukan dapat diambil pembelajaran dan hikmah sehingga tidak perlu lagi untuk membandingkan diri dengan orang lain,” kata dia.

Banyak para pelamar pekerjaan, lanjut Sony, mengalami kegagalan karena tidak percaya diri dan menunjukkan karakter untuk belajar. Padahal sebenarnya perusahaan tahu mereka adalah freshgraduate yang minim pengalaman dan pengetahuan.

Tapi yang terpenting bagi perusahaan adalah mereka mau menunjukkan karakter untuk terus berkembang dan belajar mengembangkan kompetensi. Untuk pengetahuan bisa dilatih dan dipelajari tapi untuk karakter tangguh dan pembelajar tidak semua orang memiliki.

Sementara itu, Dania Asri Dewi memberikan tips untuk anak muda yang sedang mengembangkan kompetensi diri dan mempersiapkan diri untuk masuk di dunia kerja. Ada empat tips yang dia berikan.

Pertama, cobalah untuk berbicara dengan diri sendiri, cari tahu potensi yang dimiliki sebenarnya seperti apa. Kedua, melihat value diri dengan perusahaan yang ingin dilamar sesuai atau tidak, karena dengan kesamaan value akan membuat semangat bekerja terus meningkat dan betah untuk terus bekerja di perusahaan tersebut.

Ketiga, ketika diberikan challenge untuk mengerjakan tugas yang tidak dikuasai jangan pernah menolak cobalah untuk menerima dan mau untuk belajar.

Keempat, percaya diri atas kemampuan yang dimiliki sebagai anugerah yang diberikan tuhan, artinya sudah seharusnya bangga dan tidak membandingkan diri dengan orang lain.

*penulis adalah anggota Pondok Inspirasi

  • Bagikan