PASURUAN, Tugujatim.id – Guna mempercepat penangangan kondisi gawat darurat di Kota Pasuruan, Wali kota Saifullah Yusuf meresmikan layanan call center 112 pada Rabu (02/02/2022) di halaman Kantor Radio Ramapati. Masyarakat bisa melakukan panggilan ke nomor telepon 112 ketika terjadi kondisi gawat darurat. Mulai dari kejadian kebakaran, bencana alam, tindak kriminalitas, hingga kebutuhan medis seperti ambulans bisa ditangani lewat satu nomor darurat 112.
“Dengan kemajuan teknologi, pemerintah bisa buat regulasi sepaya kondisi darurat masyarakat bisa cepat ditangani. Karena itu, hari ini kami launching layanan call center 112,” ujar Gus Ipul.
Pemkot Pasuruan juga akan segera mengintegrasikan semua nomor layanan pengaduan masyarakat, baik ke kepolisian, dinas kesehatan, BPBD, hingga jasa raharja lewat satu nomor layanan darurat 112.
Also Read
“Saya mengajak semua elemen mulai untuk terintegrasi bersama. Jika tahun lalu kami launching 119 untuk kesehatan. Tapi, sekarang untuk semua layanan kedaruratan bisa langsung ke 112,” imbuhnya.
Layanan darurat 112 ini juga bisa diakses warga Kota Pasuruan secara gratis karena bebas pulsa. Gus Ipul berharap agar layanan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warganya yang sedang membutuhkan bantuan terkait kondisi gawat darurat.
“Harapannya, kami bisa menghindari korban jiwa dan korban-korban lainnya. Makin cepat layanannya, justru makin baik,” ucapnya.
Sementara itu, perwakilan Dirjen PPI Kominfo Agung Setio Utomo menyatakan, nanti seluruh kota dan kabupaten di Indonesia akan menerapkan layanan darurat 112 ini.
“Kota Pasuruan jadi kota ke-82 yang menggunakan call center 112 di Indonesia dan kota ke-16 di Jatim,” ujarnya.