Hasil Sementara Olimpiade Tokyo 2020, Kontingen Indonesia di Peringkat 24 - Tugujatim.id

Hasil Sementara Olimpiade Tokyo 2020, Kontingen Indonesia di Peringkat 24

  • Bagikan
Atlet angkat besi Indonesia, Windy Cantika Aisah, mengaku senang dan bangga bisa menyumbangkan medali pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Nocindonesia/Tugu Jatim)
Atlet angkat besi Indonesia, Windy Cantika Aisah, mengaku senang dan bangga bisa menyumbangkan medali pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Nocindonesia)

Tugujatim.id – Hasil Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia berada di peringkat 24 dari puluhan negara yang mengikuti perhelatan olahraga terbesar di dunia ini. Indonesia mendapatkan torehan dua medali dari cabang olahraga angkat besi. Di antaranya, medali perak dan perunggu yang masing-masing satu.

Medali perunggu pertama diperoleh lifter angkat besi putri Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg putri dengan total angkatan 194 kg (84 kg snatch dan 110 clean & jerk). Gadis yang bulan lalu genap berusia 19 tahun itu sempat terkendala pada angkatan pertama snatch seberat 84 kg. Namun, kegagalan itu dia tebus pada angkatan kedua. Meski pergerakannya sedikit lambat, dia sukses mengamankan angkatan seberat 84 kg itu.

Pada angkatan ketiga, Cantika menaikkan beban menjadi 87 kg. Hanya saja, dia tak bisa menyelesaikan dengan sempurna. Di angkatan clean jerk, Cantika langsung mematok 103 kg pada angkatan pertama. Tak seperti saat angkatan snatch, kali ini dia sukses menyelesaikannya.

Lifter senior andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan kembali sukses mempersembahkan medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. Dia berhasil menyelesaikan total angkatan 302 kg di Tokyo International Forum Hall, Jepang, Minggu (26/07/2021).(Foto: Nocindonesia/Tugu Jatim )
Lifter senior andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan kembali sukses mempersembahkan medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. Dia berhasil menyelesaikan total angkatan 302 kg di Tokyo International Forum Hall, Jepang, Minggu (26/07/2021).(Foto: Nocindonesia)

Pada angkatan kedua, Cantika menaikkan bebannya menjadi 108 kg. Lagi-lagi, dia sukses mengamankannya. Begitu juga pada angkatan ketiga seberat 110 kg. Meski langkahnya sedikit bergetar saat mengangkat, dia dapat mengangkatnya dengan baik dan berhak meraih medali perunggu dengan total angkatan 194 kg.

“Rasanya nervous karena angkatannya beda-beda dikit dengan rival lainnya. Terutama saat angkatan snatch, tapi saya berusaha tetap tenang karena saat di panggung itu kan sebenarnya cuma ada atlet dan barbel saja,” kata Cantika dikutip dari website resmi Kemenpora.go.id, Sabtu (24/07/2021).

Selanjutnya, untuk medali perak diperoleh lifter senior andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan. Eko kembali berhasil menyelesaikan total angkatan 302 kg di Tokyo International Forum Hall, Jepang, Minggu (26/07/2021).

Dia berhasil mencatatkan sejarah sebagai atlet yang empat kali meraih medali di ajang Olimpiade. Eko Yuli juga mencatat sejarah satu-satunya atlet Indonesia yang meraih medali pada empat penampilan beruntun di Olimpiade. Sebelumnya, dia meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 Beijing, Olimpiade 2012 London, dan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Dengan raihan ini, kontingen Indonesia masih bertengger di posisi 24. Sedangkan rivalnya dari negara Asean seperti Thailand, posisinya lebih bagus di peringkat 14 dengan perolehan 1 medali emas. Sedangkan untuk puncak klasemen masih dihuni Amerika Serikat dengan 7 emas, 3 perak, dan 4 perunggu dengan total 14 medali. Disusul Tiongkok dengan 6 emas, 3 perak, dan 6 perunggu. Kemudian Jepang dengan 6 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

  • Bagikan