Ingin Tidur Nyenyak dan Berkualitas? Lakukan Hal Ini!

  • Bagikan
wanita tidur nyenyak
Seorang perempuan tidur nyenyak. (Ilustrasi: Pixabay)

Tidur adalah kegiatan yang sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Tidur dalam durasi yang tepat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, hal ini juga bisa membuat semua aktivitas bisa dilakukan dengan baik. Oleh karenanya itu, tidur nyenyak dibutuhkan.

Tidur yang baik haruslah berkualitas agar kita tidak merasa kelelahan saat bangun di pagi hari. Tidur yang tidak nyenyak biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti stres, sakit, konsumsi kafein, alkohol, dan obat-obatan, serta ritme atau siklus tubuh.

Baca Juga: 14 Juta Ton Sampah Plastik Mengendap di Dasar Lautan, Studi Membuktikan

Tidur yang nyenyak adalah impian semua orang. Apalagi tidur nyenyak erat kaitannya dengan awal mula dari aktivitas yang panjang di pagi hari. Sayangnya, banyak orang yang sulit untuk merasakan tidur semacam ini. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang sulit untuk memejamkan mata.

Ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan agar tidur lebih nyaman dan berkualitas. Berikut adalah beberapa cara tau tips tersebut.

  1. Membuat jadwal tidur malam yang tetap

Kita pasti memiliki berbagai aktivitas setiap harinya. Adakalanya aktivitas tersebut tidak selalu sama. Meskipun demikian, kita perlu mengatur jadwal tidur. Hal ini dilakukan agar kita bisa tidur tepat waktu. Jadwal itu juga berguna untuk memisahkan kapan harus beraktivitas dan beristirahat. Dengan demikian, kita bisa menciptkan ritme tidur yang sama setiap harinya. Maka, kita bisa lebih merakan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

  1. Membatasi tidur siang

Membatasi tidur siang adalah cara tepat agar cepat tidur. Hal tersebut dikarenakan tidur siang bisa menjadi salah satu penyebab sulit tidur di malam hari. Bahkan adakalanya menyebabkan tidur yang tidak nyenyak. Tidur siang cukup 30—60 menit saja. Apabila waktu tidur siang terlalu lama, tubuh seolah-olah masih beum membutuhkan waktu istirahat. Akhirnya, kita sulit tidur atau sering terbangun di malam hari. Kita pun tidak bisa merasakan tidur malamyang nyenyak.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Saeguk, Drama Korea Berlatar Belakang Kerajaan

  1. Mengatur cahaya dan suhu kamar

Adakalanya tidur yang tidak nyenyak dipengaruhi oleh cahaya dan suhu kamar. Tidur dengan lampu yang diredupkan atau dimatikan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, kita juga perlu mengatur suhu ruangan agar bisa tidur dengan nyenyak. Suhu diatur dalam keadaan yang tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin. Pastikan suhu ruangan berada di suhu normal, yakni antara 20 sampai 22 derajat celcius agar kita tidak kedinginan maupun kepanasan.

  1. Menggunakan aromaterapi

Aromaterapi bisa menciptakan ketenangan dan kenyamanan. Maka tidak mengherankan, apabila aromaterapi sering digunakan di kamar tidur. Apalagi aromaterapi erat kaitannya dengan tidur yang nyaman dan berkualitas. Lavender adalah aroma yang terbukti paling menenangkan daripada aroma lainnya. Aroma ini telah lama diguakan sebagai obat tradisional yang bisa membantu merelaksasi pikiran dan membantu tidur lebih nyenyak.

  1. Menjaga pola hidup sehat

Kita harus menjaga pola hidup sehat apabila ingin tidur yang nyaman. Kita harus mengonsumsi makanan yang mampu memenuhi gizi harian. Kita juga tidak boleh makan berat atau camilan 3 jam sebelum tidur. Selain itu, olahraga juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi  olahraga yang baik dan benar diyakini bisa membuat tubuh tidur jauh lebih pulas. Tidur itupun juga jauh berkualitas. Meskipun demikian, olahraga yang berlebihan juga tidak anjurkan.

Baca Juga: Buah-Buah Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

  1. Melakukan meditasi

Latihan meditasi yang teratur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Meditasi juga bisa mengurangi hormon stres. Meditasi bisa dilakukan selama 45—60 menit setiap harinya. Apabila tidak bisa menyisihkan waktu karena pekerjaan yang terlalu banyak, kita bisa melakukan meditasi di malam hari sebelum tidur. Meditasi dilakukan dengan memperlambat pernapasan agar lebih tenang dan rileks. Akhirnya, tidur pun bisa nyenyak. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan