Kenali Apa Itu Performance Marketing, Begini 5 Cara Kerjanya

Imam Abu Hanifah

Bisnis

Apa Itu Performance Marketing
Mengenal performance marketing dalam bisnis (Foto: pinterest)

Tugujatim.id – Di era digital ini, dunia periklanan terus berkembang dengan cepat. Namun pernahkah kamu mendengar apa itu performance marketing?

Performance marketing adalah bagian dari digital marketing yang fokus utamanya adalah periklanan. Dalam performance marketing, terdapat kampanye yang dibuat dengan konten menarik dan dilengkapi dengan biaya tertentu. Agar lebih paham, mari kita mengenal lebih lanjut tentang performance marketing!

Apa Itu Performance Marketing?

Jadi nih, performance marketing atau pemasaran kinerja merupakan salah satu strategi pemasaran berbasis digital yang memiliki fokus utama di advertising.

Kenapa bisa di advertising? Karena merek akan membayar kampanye yang disediakan apabila terdapat tujuan/target bisnis yang telah tercapai.

Adanya pemasaran kinerja ini dapat membuat kampanye yang dipilih dapat memberikan pengaruh langsung terhadap bisnis secara keseluruhan sehingga dapat memberikan dampak yang efektif.

Jobdesk dari seorang performance marketing adalah membuat rencana kampanye dan plan media, membuat ide yang menarik, mengoptimalkan hasil yang telah berjalan, membuat laporan dari hasil iklan, serta akan banyak berhubungan dengan SEM, lalu berkolaborasi dengan KOL.

Tools Dari Performance Marketing

  1. Iklan Media Sosial: Meta ads, Linkedin ads, X ads, tiktok ads, youtube ads
  2. Search Engine Marketing: Search ads (Google ads), marketplace ads, Apple search ads
  3. Adds on: Branch, Appsflyer, Ahref, Lookers, dan tools pendukung lainnya

KPI dari seorang performance marketing yakni menentukan proses dari strategi pemasaran yang akan dilakukan. Mereka akan bersinggungan dengan beberapa istilah berikut ini:

  1. Cost Per Result: Biaya untuk mendapatkan satu hasil
  2. Cost Per Click: Biaya ketika sejumlah user melakukan klik link yang mengarahkan ke website yang ditargetkan
  3. Cost Per Install: Biaya yang dibayar oleh merek untuk mendapatkan 1 install app
  4. Cost Per Acquisition: Total Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan customer dari target audiens yang ditentukan.

Performance marketing juga memiliki dua kategori pada hasil yang diharapkan, yaitu pemasaran berdasarkan tujuan dan pemasaran berbasis tindakan.

  • Performance marketing berdasarkan tujuan adalah dimana merek akan menetapkan target khusus dari kampanye seperti penjualan yang dihasilkan
  • Performance marketing berdasarkan tindakan adalah dimana merek akan membayar kampanye saat ada tujuan tertentu secara spesifik seperti jumlah tayang, klik, pembelian, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Kerja Performance marketing?

Apa Itu Performance Marketing
Ads sebagai salah satu strategi performance marketing (Foto: Zaafira Adelia)

Teknik performance marketing ini dapat diaplikasikan di berbagai platform, tapi umumnya adalah google ads serta media sosial sebagai platform pemasaran kinerja. Perlu kalian ketahui bahwa dalam praktiknya terdapat empat pihak yaitu:

  • Pengiklan

Pengiklan menjadi pihak pertama yang ingin mempromosikan produknya melalui affiliate sebagai upaya pemasarannya

  • Affiliate

Perusahaan ataupun individu yang membuat iklan melalui properti blog, website di dalam aplikasi mereka

  • Network atau Platform

Platform menjadi pihak ketiga yang menjadi penghubung antara affiliate dan pengiklan untuk pelacakan diantara kedua pihak tersebut

  • Manager atau OPM

Agensi yang menyediakan maupun mempersiapkan kebutuhan dari pengiklan maupun affiliate

Cara Melakukan Performance Marketing

  1. Merencanakan serta menyusun strategi dari kampanye yang ingin dibuat dengan melakukan pengembangan strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  2. Memilih platform yang tepat, untuk platform yang tepat harus menyesuaikan kembali dengan target audiens yang telah ditetapkan oleh pengiklan sehingga kampanye yang dilakukan dapat tepat sasaran
  3. Mencari mitra perusahaan yang tepat untuk melakukan pemasaran yang efektif untuk merek dimana ketika kemitraan telah terbentuk maka anda dapat menyiapkan kampanye pemasaran dan melacak hasil
  4. Kampanye yang dilakukan harus selalu dilacak secara teratur untuk memastikan kampanye telah sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Performance marketing menjadi salah satu pemasaran yang sering digunakan saat ini dan masih dapat berkembang lagi kedepannya, mari kenali dan belajar bersama mengenai performance marketing!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id

Writer: Zaafira Adelia

Editor: Imam Abu Hanifah

Popular Post

Pembuangan limbah tambak.

DPRD Jember dan OPD Sidak Gabungan, Serius Tangani Keluhan Warga soal Pembuangan Limbah Tambak

Dwi Linda

JEMBER, Tugujatim.id – Menanggapi aksi unjuk rasa warga beberapa waktu lalu, DPRD Jember menggelar sidak bersama beberapa organisasi perangkat daerah ...

Ansor Kota Malang.

PC GP Ansor Kota Malang Terima CSR Tugu Malang ID dan Times Indonesia, Tingkatkan Kader Melek Digital

Dwi Linda

MALANG, Tugujatim.id – Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Malang menerima bantuan dana corporate social responsibility (CSR) dari ...

Mengusahakan Pertolongan Ilahi.

Kisah Hidup Pendiri Wardah Resmi Tayang di YouTube, Ini Sinopsis Film “Mengusahakan Pertolongan Ilahi”

Dwi Linda

SURABAYA, Tugujatim.id – Kisah hidup Nurhayati Subakat, sosok di balik kesuksesan PT Paragon Technology and Innovation, hadir dalam film bertajuk ...

Mudik gratis 2025.

Tak Ada Mudik Gratis 2025, Dishub Kota Malang Fokus Bangun Lahan Parkir di Kayutangan Heritage

Dwi Linda

MALANG, Tugujatim.id – Kabar kurang menggembirakan datang dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang. Pihaknya memastikan tidak menyediakan mudik gratis 2025 ...

Khofifah.

Khofifah-Emil Silaturahmi ke Rumah Jokowi usai Retreat di Magelang, Ini Isi Petuahnya!

Dwi Linda

SURABAYA, Tugujatim.id – Gubernur dan Wakil Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak usai mengikuti retreat di Magelang, Jawa Tengah, ...

Banjir luapan.

16 Pintu Klep Tak Berfungsi Biang Banjir Luapan di Tempuran Mojokerto, Petugas Siaga Pantau lewat Drone

Dwi Linda

MOJOKERTO, Tugujatim.id – Wilayah Tempuran, Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, kembali terkena bencana banjir luapan pada Jumat (28/02/2025). Hasil asesmen ...