KKN UM 20121 Desa Wiyurejo Melakukan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Spinning Wheel Di SD Negeri Wiyurejo 02 - Tugujatim.id

KKN UM 20121 Desa Wiyurejo Melakukan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Spinning Wheel Di SD Negeri Wiyurejo 02

  • Bagikan

  

Salah satu program kerja mahasiswa KKN UM di Desa Wiyurejo adalah membuat Media pembelajaran Spinning Wheel di SD Negeri Wiyurejo 02. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Pembelajaran akan berhasil dan berjalan secara efektif bila dalam perancangan dan pengembangan bertitik pada karakteristik pembelajar, mata pelajaran dan pedoman pada kompetensi dasar, tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Sedangkan Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan guru untuk membantu menjelaskan pemahaman terkait materi pembelajaran kepada peserta didik. Adanya media pembelajaran juga berfungsi untuk menjadikan suasana pembelajaran menjadi lebih seru karena cara guru dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran juga membantu guru dalam menggunakan berbagai macam metode pengajaran sehingga tidak monoton.

Sebelum membuat media pembelajaran PJ program kerja ini yatu Safira Romadhona Putri Islamiya dan beberapa perwakilan tim KKN UM  melakukan wawancara dengan salah satu sekolah di Desa Wiyurejo yaitu SD Negeri Wiyurejo 02 pada tanggal 18 Juli 2021. Kemudian Pada tanggal 20-23 Juli 2021 tim KKN UM membuat Media pembelajaran Spinning Wheel.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru berkaitan dengan cara guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik sampai dengan media-media yang digunakan guru untuk menarik perhatian peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Permasalahan yang terjadi yaitu warga desa cenderung memilih MI dibandingkan SD sehingga tim KKN UM di Desa Wiyurejo tertarik untuk mengadakan “Sosialisasi Strategi Pembelajaran yang Menarik dengan Media Pembelajaran yang Kreatif di SDN 02 Wiyurejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

 

 

  • Bagikan