Kunjungi Lapas, Wakil Bupati Tuban Ingin Warga Binaan Kembangkan Skill setelah Bebas

Kunjungi Lapas, Wakil Bupati Tuban Ingin Warga Binaan Kembangkan Skill setelah Bebas

  • Bagikan
Wakil Bupati Tuban, H Riyadi, saat ditemui awak media usai menyapa warga binaan lapas Tuban, Selasa (18/1/2022).
Wakil Bupati Tuban, H Riyadi, saat ditemui awak media usai menyapa warga binaan lapas Tuban, Selasa (18/1/2022). (Foto: Rochim/Tugu Jatim ID)

TUBAN, Tugujatim.idWakil Bupati Tuban, H Riyadi, melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Tuban. Dalam kunjungan tersebut, kang Riyadi, sapaan akrabnya, melihat kondisi beberapa pelayanan dan sudut ruangan.

Tak hanya itu, dia juga menyapa warga binaan Lapas dan melakukan bincang-bincang kecil dengan mereka. Seperti tanya alamat, terjerat kasus apa dan lain sebagainya.

“Di sini ada sekitar 437 narapidana yang sebagian besar warga Tuban. Saya ingin sekedar menyapa mereka,” ungkap Riyadi di tengah kunjungannya, Selasa (18/1/2022).

Mantan Kades Maibit, Kecamatan Rengel ini, juga memberikan wejangan pada mereka. Bahwa selama di dalam Lapas anggap saja tempakan kawah candradimuka untuk memperbaiki kualitas diri agar lebih baik dari pada sebelumnya.

“Mereka juga warga kita. Kita harus memberikan motivasi pada mereka,” katanya.

Wakil Bupati Tuban, H Riyadi, melihat fasiltas pelatihan skil yang ada didalam lapas kelas IIB Tuban Selasa (18/1/2022). (Foto: Rochim/Tugu Jatim ID)

Riyadi juga berpesan jika nanti usai menjalani masa hukumannya, warga binaan bisa mengembangkan skill yang telah diberikan dalam lapas. Seperti pelatihan bubut atau kerajinan lainnya yang bisa digunakna untuk mengais rezeki.

“Kami meminta pada masyarakat. Kalau ada warga yang bebas dari binaan lapas. Terimalah mereka apa adanya. Jangan ada diskriminasi. Bantu mereka ke arah yang lebih baik,” pesanya.

Terkait fasilitas yang ada dalam lapas. Wabup cukup kagum pelayanan yang dilaksanakan. Baik saat mulai masuk pintu gerbang, ruang makan, kunjungan keluarga napi yang sudah memanfaatkan teknologi dan juga transaksi yang tak pakai manual. Karena sudah berbasis elektronik.

  • Bagikan