MALANG, Tugujatim.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus meningkatkan layanan publik. Program digitalisasi terus ditingkatkan untuk memudahkan layanan.
Pj Wali Kota Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM menginstruksikan agar pelayanan publik di Kota Malang terus ditingkatkan. Wahyu terus memantau jalannya pelayanan agar memudahkan masyarakat mengurus administrasi dengan baik.
“Peningkatan layanan publik jadi salah satu yang diamanatkan presiden kepada kepala daerah. Secara umum, pelayanan di Kota Malang sudah cukup bagus,” ujarnya, pada Jumat (17/11/2023).
Misalnya pada Mal Pelayanan Publik (MPP), Wahyu menyatakan soal sistem, pelayanan, dan kelengkapan layanan. Adapun perihal detail pelayanan di MPP menurutnya memang perlu dilakukan perbaikan.
“Terkait tenan ada yang kosong saya sampaikan ke Disnaker-PMPTPSP agar dioptimalkan dengan layanan Perangkat Daerah (PD),” imbuhnya.
Dari data Tugujatim.id, sudah ada 22 tenan aktif melayani masyarakat di MPP. Namun Pemkot Malang merencanakan penambahan 14 tenan untuk optimalisasi layanan masyarakat.
Sebagaimana disampaikan Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Arif Tri Sastyawan, akan ada co-working space dan hall yang ditarget kelar Desember 2023.
“Fokus kami juga pada pelayanan publik. Di Kecamatan, jajaran yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus meningkatkan kepekaan,” tambahnya.
Terkait pelayanan, Wahyu sudah memberi arahan PD agar lebih adaptif. Salah satu contohnya, yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang membuat Malang Kota-CSRIT.
Menurut Wahyu, fenomena perubahan dan perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat. Maka, pemerintah pusat, begitu juga daerah, perlu melakukan percepatan transformasi digital setelah diterbitkannya Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
“Tujuannya untuk tata kelola pemerintahan yang baik dengan sistem elektronik. Namun tantangannya adalah munculnya ancaman keamanan sistem. Sehingga sekarang adalah waktu yang tepat dibentuk tim yang bertugas melakukan pengawasan keamanan siber terhadap sistem elektronik yang dimiliki oleh Pemkot Malang,” terangnya.
Adapun sejumlah layanan publik di Kota Malang menorehkan berbagai prestasi di 2023, di antaranya:
1. Anugerah Media Humas 2023
Juara 1 Kategori Media Audio Visual Tingkat Kabupaten/Kota
2. KIM HackathonJuara III KIM Hackathon 2023 (KIM Samaan)
3. Jatim Publik Relation Award (JPRA) 2023
– Terbaik I untuk Kategori Website tingkat Diskominfo Kab/Kota
– Terbaik I Kategori Program Kampanye Komunikasi Publik Tingkat Diskominfo Kab/Kota
– Terbaik II untuk Kategori Video Kreatif tingkat Diskominfo Kab/Kota
– Terbaik II Kategori Media Sosial Tingkat Diskominfo Kab/Kota
4. Anugerah Pewarta Warga (APW) 2023
Juara III Kategori Videografis (KIM Lestari Tunjungsekar)
Reporter: Feni Yusnia
Editor: Lizya Kristanti