Pantai Goa Cina di Malang, Antara Panorama hingga Hamparan Pasir Putih yang Indah - Tugujatim.id

Pantai Goa Cina di Malang, Antara Panorama hingga Hamparan Pasir Putih yang Indah

  • Bagikan
Pantai Goa Cina Kabupaten Malang. (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Pantai Goa Cina Kabupaten Malang. (Foto: Rap/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Warga Kabupaten Malang mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Pantai Goa Cina yang berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki mitos bahwa gua yang berada di sekitar pantai tersebut dulunya dipakai oleh salah seorang biksu asal China untuk bertapa hingga dia meninggal. Karena itu, pantai ini dinamakan Pantai Goa Cina.

Selain daya mistisnya, pantai ini juga memiliki daya tarik tersendiri mulai dari panorama pantai hingga pasirnya yang sangat putih. Pantai ini juga masih cukup bersih sehingga nyaman untuk dijadikan tempat camping sambil menikmati malam di sana.

“Pantai di sini sangat indah kalau malam, seandainya tidak ada awan, cahaya bulan terpantul ke laut. Jadi, seolah-olah ada 2 bulan yang terlihat saling berhadapan,” terang Muhammad Muksin Sapi’i, salah satu wisatawan yang juga mendirikan tenda di sana.

Suasana sunset di Pantai Goa Cina. (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Suasana sunset di Pantai Goa Cina. (Foto: Rap/Tugu Jatim)

Dia mengatakan, sudah beberapa kali mengunjungi pantai ini bersama teman-temannya. Namun, dia tidak pernah bosan dengan suasana di pantai tersebut.

“Suasana di sini sangat enak karena belum begitu ramai, pasirnya juga putih dan bersih. Makanya saya dan teman-teman gak pernah bosan kalau ke sini waktu liburan,” bebernya.

Salah satu alasan kenapa pantai ini sangat cocok untuk mendirikan tenda karena masih banyak pohon mangrove sehingga bisa melindungi tenda dari angin pantai.

“Di sini masih banyak pepohonan jadi sangat asri, udaranya juga sejuk, sangat cocok buat yang ingin refreshing yang jauh dari suasana perkotaan,” ungkapnya.

Berbeda lagi pengunjung lainnya bernama Diana. Dia mengatakan baru kali pertama datang ke Pantai Goa Cina.

“Saya anak perantauan dari Kalimantan yang berkuliah di Kota Malang. Saya baru kali pertama ke sini, tapi saya langsung jatuh cinta melihat pasirnya yang putih dan air lautnya yang biru cerah,” ungkapnya sambil tersenyum menunjuk arah laut.

Menurut dia, dirinya berkendara lebih dari 2 jam dari Kota Malang menuju Pantai Goa Cina.

“Saya awalnya ya agak badmood karena ternyata jaraknya lumayan jauh dari Kota Malang memakai sepeda motor. Tapi, semuanya langsung terobati pas sampai sini, tempatnya enak banget,” tegasnya.

Tiket masuk menuju Pantai Goa Cina sendiri sangat murah, hanya cukup merogoh kocel Rp 4.000 per orang sudah bisa menikmati fasilitas yang ada di sana.

  • Bagikan