SURABAYA, Tugujatim.id – Bus merupakan salah satu jujukan andalan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke luar kota. Banyaknya calo yang berkeliaran di area terminal patut diwaspadai, agar Anda tidak terkena tarif mahal.
Memasuki momen mudik Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 M, Kepala Pengaturan Lalu Lintas Terminal Purabaya Sidoarjo, Cipto Widianto mengimbau kepada penumpang agar waspada terhadap calo.
Untuk mencegah terjadinya aksi pungutan liar dari para calo, pihak Terminal Bungurasih telah mewajibkan seluruh sopir maupun kru bus di setiap Perusahaan Umum (PU)) untuk menggunakan seragam resmi sebagai pengenal identitas. “Kita sudah menerbitkan, para pencari penumpang harus beridentitas jadi resmi dari PU bersangkutan,” ujarnya, pada Senin (17/4/2023).

CIpto mengimbau kepada penumpang apabila mendapati seseorang tanpa tanda pengenal dan menawarkan serta memaksa untuk membeli tiket, sebaiknya segera menghindar karena dimungkinkan orang itu terindikasi calo.
“Jangan terlalu memperdulikan pertanyaan mau ke mana? mau ke mana? nggak usah dijawab tidak apa-apa dan tidak menjadi sesuatu yang salah silahkan langsung masuk ke ruang tunggu,” jelasnya.
Selama ini, sanksi tegas yang dikeluarkan oleh Terminal Purabaya apabila ditemukan calo yang berkeliaran akan segera dikeluarkan dari area terminal. “Apabila di lapangan tidak menggunakan identitas, atau tanda pengenal maka segera akan dikeluarkan dari titik-titik keramaian arus penumpang,” ujarnya.
Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan jajaran TNI dan Polri untuk melakukan pengamanan dan penyisiran di area terminal guna mengantisipasi pergerakan calo. “Kami terus patroli bersama TNI dan Polri di titik-titik yang menjadi kerumunan penumpang, baik penurunan maupun keberangkatan untuk antisipasi pergerakan dari para calo yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.
Kemudian, Cipto menuturkan bahwa sejauh ini, keluhan calo dari penumpang mulai menurun. Sebab, pemahaman dan kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat. “Keluhan dari penumpang sudah jauh menurun, mungkin dari kesadaran dari mereka sendiri dan pemahaman yang semakin baik ketika di terminal langsung tanya petugas berseragam putih atau abu-abu,” pungkasnya.