Tugujatim.id – Pekerjaan memiliki peran penting dalam kehidupan kita karena tidak hanya menjadi sumber penghasilan, tetapi juga memengaruhi kesejahteraan dan kebahagiaan kita secara keseluruhan. Ketika kita menerima tawaran kerja, tentu saja itu bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan.
Namun, sebelum menerima tawaran tersebut, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dengan cermat. Kita perlu memikirkan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan minat, nilai, dan tujuan karier kita, serta apakah kondisi kerja dan lingkungan perusahaan cocok dengan kebutuhan dan preferensi kita.
Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti jarak tempuh, kesempatan pengembangan karier, dan kompensasi finansial yang ditawarkan.
Dengan mempertimbangkan semua aspek ini secara seksama, kita dapat membuat keputusan yang tepat dan mengambil langkah yang sesuai untuk masa depan karier kita.
7 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Menerima Tawaran Kerja
Ingin tahu apa saja hal yang wajib kamu perhatikan sebelum menerima tawaran kerja? Simak artikel berikut sampai akhir, ya!
1. Gaji/Upah
Pemberi kerja biasanya akan memberikan informasi mengenai gaji ketika menawarkan pekerjaan tersebut kepadamu. Pastikan gaji pokok yang akan kamu terima sesuai dengan kebutuhan finansial atau kebutuhan harianmu. Kamu juga bisa menegosiasikan terkait gaji kepada HR jika kamu merasa gajimu tidak sesuai.
Pastikan juga gaji yang kamu terima tidak berada di bawah upah minimum kerja yang ditentukan oleh pemerintah. Untuk mengetahui mengenai upah minimum kerja, kamu dapat mencari informasinya di dalam UU Cipta Kerja.
2. Kontrak Kerja
Kontrak kerja merupakan hal paling penting yang harus kamu perhatikan. Kontrak kerja memuat mengenai informasi gaji, jam kerja, status pekerjaan, hak pekerja, dan lain sebagainya. Kamu harus teliti dan cermat dalam membaca kontrak kerja.
Sebelum menerima tawaran kerja dan menandatangani kontrak kerja, pastikan kamu sudah paham dengan setiap poin di dalam kontrak kerja. Pahami juga dampak dan konsekuensinya terhadap karirmu di masa depan.
3. Jam Kerja
Jam kerja juga merupakan hal yang wajib kamu perhatikan sebelum menerima tawaran kerja. Di Indonesia sendiri, jam kerja yang diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 dalam Pasal 77 ayat 2 adalah sebagai berikut:
- 7 jam kerja dalam sehari dan 40 jam kerja dalam seminggu, di mana berlaku 6 hari dalam satu minggu kerja, atau;
- 8 jam kerja dalam sehari dan 40 jam kerja dalam seminggu, di mana berlaku 5 hari dalam satu minggu kerja.
Jika jam kerja melebihi waktu yang telah ditentukan, maka jam kerja tersebut terhitung sebagai waktu/jam kerja lembur sehingga kamu berhak menerima upah lembur.
Namun, perlu diperhatikan juga bahwa ketentuan waktu kerja dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 dalam Pasal 77 ayat 2 tidak berlaku bagi pekerjaan dan sektor usaha tertentu.
4. Tanggung Jawab Pekerjaan
Tanggung jawab pekerjaan merupakan hal yang berisi informasi mengenai job description (deskripsi pekerjaan). Tanggung jawab pekerjaan dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan sebelum kamu menerima tawaran kerja.
Jika tanggung jawab pekerjaan tersebut sesuai dengan hal yang kamu minati, ini dapat membuatmu menikmati pekerjaan tersebut.
Terkadang, beberapa pemberi kerja memberikan tanggung jawab pekerjaan yang melebihi dari kapasitas seharusnya tanpa memberikan bayarin lebih. Maka, pastikan tanggung jawab tersebut sesuai dengan jumlah gaji yang kamu terima.
5. Budaya dan Lingkungan Tempat Kerja
Budaya dan lingkungan kerja dapat mempengaruhi motivasi kerja dan produktivitasmu. Budaya dan lingkungan kerja yang positif dapat membantumu meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, pastikan budaya dan lingkungan kerja sesuai dengan preferensimu.
Jangan sampai kamu merasa tidak cocok dengan budaya dan lingkungan kerjamu. Hal ini dapat membuatmu tidak betah dan merasa stres. Maka sebelum menerima tawaran tersebut, pastikan kamu telah mengetahui budaya dan lingkungan kerjanya terlebih dahulu.
6. Jenjang Karir
Jika kamu seorang fresh graduate, jenjang karier merupakan salah satu hal penting yang dapat kamu pertimbangkan. Jenjang karir (Career Path) dapat menjadi peluang untuk mengembangkan karirmu di masa depan.
Kamu dapat memilih perusahaan yang memiliki program perencanaan karier. perusahaan yang memiliki program perencanaan karir biasanya memiliki sistem promosi internal yang dapat membantumu mengembangkan karier ke jenjang atau posisi yang lebih tinggi.
Selain itu, melalui jenjang karier kamu dapat mengetahui bentuk penghargaan atas kinerjamu. Dan secara tidak langsung, jenjang karir juga dapat meningkatkan motivasi kerjamu.
7. Kebijakan Perusahaan
Kebijakan dari tiap-tiap perusahaan tentunya akan berbeda-beda. Kebanyakan fresh graduate tidak memeriksa mengenai kebijakan perusahaan sebelum menerima tawaran kerja.
Akibatnya banyak terjadi eksploitasi sumber daya manusia mulai dari jam kerja yang overtime tanpa diberikan insentif tambahan hingga tidak dibayarkannya pesangon karyawan.
Oleh karena itu, pastikan kebijakan perusahaan tersebut tidak bertentangan atau tidak menyalahi aturan yang telah diatur dalam Undang-Undang atau Peraturan Pemerintah.
Nah, itu dia beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum menerima tawaran kerja. Pastikan kamu memahami dengan baik segala kebijakan-kebijakan terkait ketenagakerjaan karena hal ini dapat membantumu untuk menghindari resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di dunia kerja.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Writer: Jihan Fahira/Magang
Editor: Imam A. Hanifah