MALANG, Tugujatim.id – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (FEB Unisma) menggelar Digital Marketing Practitioner Course Bacht 2. Acara FEB Unisma yang ditutup di Gedung Utsman Bin Affan lantai tujuh, Senin (30/01/2023), ini diikuti sekitar 700 mahasiswa dari program studi akuntansi dan perbankan syariah.
Berakhirnya sekolah Digital Marketing Bacht 2, para peserta melanjutkan program sertifikasi Digital Marketing di batch 3 bersama LSP Digital Marketing. Dalam kegiatan closing SDM Bacht 2 ini digelar Seminar bertajuk “Kebutuhan Kompetensi Digital Marketing di dalam Job Market” oleh Ketua Bidang Pendidikan dan Kerjasama Asosiasi Digital Marketing Indonesia Agusti Aleandra.
Dekan FEB Unisma Nur Diana SE MSi menyampaikan dalam penutupan Digital Practicioner Course bahwa hal tersebut tentunya menjadi kegiatan untuk terus mendorong peningkatan kompetensi para lulusan. Dia mengatakan, rangkaian kegiatan sekolah digital marketing ini bertujuan mengurangi kesenjangan antara kebutuhan kompetensi lulusan dengan harapan industri.

“Kurikulum yang ada di FEB Unisma sebagai jantungnya untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing. Karena itu, kami harus adaptif dan mampu menciptakan lulusan sebagaimana keunggulan dari profil lulusan yang ada di masing-masing prodi juga harus memiliki karakter 4.0,” tutur Nur Diana SE MSi di hadapan 700 peserta Sekolah Digital Marketing Batch 2.
Dia mengungkapkan, acara tersebut diselenggarakan atas kerja sama FEB Unisma Malang dan asosiasi digital marketing Indonesia (DIGIMIND) di Gedung Utsman Bin Affan lantai 7.
“Tak luput juga aktivitas marketing yang dapat diintegrasikan secara global dengan memakai pemasaran digital dapat menjangkau target konsumen pada seluruh platform online, melalui situs web, e-mail, SMS dan MMS, media awam, dan software,” ungkap Diana.

Dia menjelaskan, hasil survei World Economics Forum 2021 bertajuk The Future Jobs menunjukkan bahwa profesi digital marketing merupakan salah satu dari 10 profesi paling dicari. Karena itu, dia berharap mahasiswa FEB Unisma saat lulus menjadi seorang sarjana tidak hanya berpikir untuk memperebutkan pekerjaan di dunia industri, tapi harus berpikir membuka lapangan pekerjaan baru untuk membangun perekonomian bangsa, terutama di era digitalisasi.
Menurut dia, mahasiswa harus bersungguh-sungguh serta konsisten dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan fakultas untuk mewujudkannya.

“Ilmu dan skill yang Anda dapat selama menjalani proses pendidikan digital marketing dan akumulasi pengalaman menjadi bekal berharga untuk menempuh perjalanan hidup ke depan sebagai sarjana,” tambah Diana.
Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan dan Kerja Sama Asosiasi Digital Marketing Indonesia Agusti Aleandra dalam acara closing memberikan materi tentang Kebutuhan Kompetensi Digital Marketing di dalam Job Market.
Usai closing Digital Marketing Practicioner Course Bacht 2, para peserta akan menjalani ujian sertifikasi kompetensi digital marketing yang dilaksanakan atas kerja sama FEB Unisma dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Digital Marketing Indonesia (BNSP). Kelulusan ujian sertifikasi ini akan menjadikan mahasiswa memiliki modal besar dalam menghadapi persaingan setelah lulus kuliah. (adv)