PASURUAN, Tugujatim.id – Wali Kota Pasuruan, Syaifullah Yusuf meminta agar keluhan masyarakat atas terhambatnya saluran air PDAM Kota Pasuruan berkurang. Hal itu disampaikan Gus Ipul, sapaannya, kepada Direktur PDAM Kota Pasuruan yang baru, Yoyok Widoyoko dan jajarannya saat apel bersama pada Kamis (10/8/2023).
Secara umum, Sekjen PBNU ini menyatakan empat poin utama yang jadi pekerjaan rumah (PR) bagi Direktur PDAM yang baru.
Pertama terkait target pelanggan PDAM agar meningkat. Pasalnya, jumlah pelanggan PDAM di Kota Pasuruan saat itu terus menunjukkan tren penurunan.
Also Read
Kedua terkait kerugian akibat berkurangnya pelanggan harus terus ditekan. “Saya ingin diangkatnya direktur yang baru ini, kinerja PDAM harus meningkat,” harap Gus Ipul.
Gus ipul juga mengakui bahwa sejak dirinya meminpin Kota Pasuruan, kinerja PDAM masih dianggap banyak masyarakat belum memuaskan. Statistik laporan keluhan masyarakat, terutama terkait kurang lancarnya saluran air, juga masih tinggi. Oleh karenanya, persoalan keluhan-keluhan pelanggan ini jadi poin yang juga harus jadi perhatian.
“Kalau tata kelolanya baik, SDM-nya mumpuni, nanti keluhan masyarakat berkurang,” tuturnya.
Dan poin terakhir terkait transparansi dan keprofesionalan dari PDAM Kota Pasuruan. Di mana Gus Ipul menuntut agar pihak PDAM melakukan perhitungan detail terkait debit penyaluran air. Mulai dari debit dari Sumber Air Umbulan, hingga pasokan air setiap menit hingga detik yang dikeluarkan.
“Harus dirubah itu mindsetnya, cara kerjanya. Apapun yang kurang segera identifikasi masalahnya dan cepat ditindak,” pungkasnya.
Reporter: Laoh Mahfud
Editor: Lizya Kristanti