TUBAN, Tugujatim.id – Penjabat Sementara atau PJS Bupati Tuban, Dr. Agung Subagyo meninjau fasilitas layanan publik dan kesehatan Kabupaten Tuban, Jumat (27/09/2024).
Kunjungan ini lebih dari sekadar inspeksi, melainkan memastikan bahwa layanan di Kabupaten Tuban tidak hanya berjalan sesuai prosedur, tetapi juga memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya kelompok prioritas seperti lansia, penyandang disabilitas dan ibu hamil.
Agung Subagyo menekankan, pelayanan publik harus lebih dari sekadar formalitas, tetapi juga masyarakat merasa terlayani dengan baik dan penuh empati. Sebab, pelayanan yang cepat dan ramah adalah kunci utama agar masyarakat merasa puas.
“Arahan Pj. Gubernur jelas, pelayanan masyarakat harus cepat, tepat, dan memuaskan,” tegasnya.
Saat kunjungan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Tuban, Agung melihat langsung integrasi antarinstansi dan layanan one stop service yang mempermudah warga mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan hingga perbankan.
Bahkan pria yang masih aktif menjabat Kepala Bawakorwil Bojonegoro ini menyebut, MPP Tuban sebagai salah satu contoh pelayanan terpadu yang patut dicontoh oleh daerah lain.
“Konsep pelayanan terpadu di sini sangat memudahkan masyarakat, dan kami harap ini bisa menjadi percontohan nasional,” katanya optimistis.
Namun, yang paling mendapat sorotan dalam kunjungan kali ini adalah komitmen Agung untuk terus memperbaiki pelayanan kesehatan, baik di rumah sakit maupun Puskesmas.
Sementara saat berkunjung ke RSUD dr. R. Koesma Tuban, Agung memuji kualitas pelayanan yang cepat dan profesional, termasuk fasilitas pendukung seperti kebersihan toilet yang menurutnya merupakan bagian penting dari pengalaman pasien dan pengunjung.
“Detail kecil seperti kebersihan toilet juga menjadi indikator pelayanan yang baik,” tambahnya dengan nada serius.
Tidak hanya fokus pada rumah sakit besar, Agung juga meminta agar peningkatan pelayanan menyentuh hingga Puskesmas di seluruh Tuban. Puskesmas merupakan garda terdepan dalam layanan kesehatan masyarakat, sehingga edukasi kesehatan dan promosi layanan harus terus diperkuat.
Layanan yang ramah, cepat dan berorientasi pada kepuasan masyarakat menjadi pelopor dalam pelayanan publik yang berkualitas.
“Kami ingin seluruh warga, terutama kelompok prioritas, merasa dilayani dengan penuh perhatian. Itu tujuan utama kami,” pungkasnya.
Turut hadir dalam kunjungan ini, Sekda Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, serta sejumlah pimpinan OPD, yang mendampingi Agung dalam memastikan bahwa seluruh sektor pelayanan di Tuban terus berjalan optimal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Reporter: Mochamad Abdurrochim
Editor: Darmadi Sasongko