Ramil, Macan Tutul Salju di Kebun Binatang San Diego Positif Terpapar Covid-19 - Tugujatim.id

Ramil, Macan Tutul Salju di Kebun Binatang San Diego Positif Terpapar Covid-19

  • Bagikan
Sepasang macam tutul salju. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Sepasang macam tutul salju. (Foto: Pixabay)

AMERIKA SERIKAT, Tugujatim.id – Penjaga di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat, menemukan Ramil, macan tutul salju jantan berusia 9 tahun, yang mengalami batuk dan pilek pada Kamis (29/07/2021). Dua tes terpisah pun dilakukan dari tinjanya. Hasilnya, macam tutul salju ini terkonfirmasi positif terpapar virus Covid-19 pada Jumat (30/07/2021).

Macan tutul salju sendiri adalah hewan yang dianggap rentan punah. Melansir dari Uincnredlist, Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam memperkirakan bahwa ada 2.700-3.300 macan tutul salju dewasa di alam liar.

“Saya tahu bahwa kucing ini akan mendapatkan perawatan terbaik. Dan saya yakin bahwa tim memiliki keahlian untuk menangani situasi ini,” kata Kepala Konservasi dan Kesehatan Satwa Liar Nadine Lamberski dalam sebuah pernyataan yang diberikan oleh kebun binatang.

Sementara itu, kondisi Ramil belum menunjukkan gejala tambahan, tapi karena dia berbagi kandang dengan macan tutul salju betina dan dua macan tutul Amur, staf kebun binatang menganggap mereka telah terpapar. Akibatnya, hewan-hewan itu dikarantina dan pameran mereka ditutup berdasarkan laporan USA Today.

Ramil memang belum divaksin virus Covid-19. Menurut The Washington Post, staf mulai memberikan dosis vaksin eksperimental yang dibuat untuk hewan pada Maret, setelah penjaga tanpa gejala yang mengenakan alat pelindung tanpa sadar menyebarkan virus ke gorila di kebun binatang tersebut.

Kedelapan gorila pulih dalam beberapa minggu. Peristiwa ini meyakinkan pejabat kebun binatang untuk mengambil tindakan demi melindungi hewan yang berisiko tinggi terinfeksi. Virus telah terbukti menginfeksi mamalia, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Banyak laporan tentang hewan dan pendamping kebun binatang menjadi sakit. Sebagian besar terkena virus setelah kontak dengan manusia yang terinfeksi.

Untuk diketahui, hewan yang dites positif Covid-19 yaitu empat harimau dan tiga singa Afrika di Kebun Binatang Bronx New York, dua harimau di Kebun Binatang Anak-Anak Fort Wayne di Indiana, dua harimau di Kebun Binatang Virginia Norfolk, dan tiga macan tutul salju di Kebun Binatang Louisville di Kentucky.

  • Bagikan