MALANG, Tugujatim.id – Satlantas Polres Malang terus berupaya menjaga kualitas layanan kepada semua masyarakat dan stakeholder. Hal ini direalisasikan melalui pelaksanaan Program Kerja Satuan Lalu Lintas Polres Malang TA 2024. Caranya dengan memberikan pelatihan etika komunikasi pelayanan publik untuk personel Satlantas Polres Malang di Aula Polres Malang, Rabu (22/05/2024).
Pelatihan untuk personel Satlantas Polres Malang salah satu implementasi kegiatan untuk mewujudkan Program Prioritas Kapolri Presisi tentang menjadikan SDM Polri yang unggul di Era Police 4.0.
Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta membuka acara ini didampingi Kanit Regident Satlantas Polres Malang Iptu Ahmad Akrom.
AKP Adis dalam sambutannya menjelaskan, tugas polisi khususnya satlantas tidak akan mudah. Di masa-masa mendatang akan ada tantangan yang dihadapi, baik dalam melayani di kantor maupun di lapangan. Karena itu, dia mengatakan, setiap personel harus terus berupaya baik secara mandiri maupun teroganisasi belajar dan meng-upgrade diri agar tetap kontekstual dengan perubahan situasi dan kondisi.
“Setiap personel yang hadir dalam pelatihan ini harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya. Selama pelatihan, perhatikan dengan baik, catat penjelasan narasumber, dan implementasikan di lapangan saat melayani masyarakat. Rugi jika kita tidak belajar dengan maksimal apalagi yang diundang adalah akademisi dari Universitas Brawijaya yang telah berpengalaman dalam pengembangan SDM,” ujar Adis kepada semua peserta.
Sementara itu, akademisi dari Universitas Brawijaya Ilhamuddin yang diundang sebagai narasumber menjelaskan, pelayanan formal dalam naungan lembaga selalu merujuk pada aturan dan SOP yang telah ditetapkan. Hal inilah yang menjadi acuan dalam pelayan prima atau excellence.

Dia mengatakan, pelayanan prima merujuk pada 5 prinsip dasar yang menjadi ukuran dan pedoman untuk berpikir atau bertindak. Yaitu profesional, reliabel, inisiatif, measurable, dan adaptif.
“Profesionalisme dalam pelayanan bermakna mampu melaksanakan suatu pekerjaan berdasarkan kompetensi tertentu dan sesuai ketentuan serta memenuhi atau melebihi ekspektasi penerima layanan. Selama melayani patuh pada ketentuan yang ada, maka pelayanan akan memenuhi prinsip-prinsip dasar dalam etika pelayanan publik sekaligus memenuhi ekspektasi penerima layanan,” jelas Ilham, sapaan akrabnya.
Ilham menambahkan, prinsip-prinsip yang lain juga memiliki makna luas. Reliable bermakna mampu menghasilkan kinerja yang konsisten sesuai aturan atau prosedur yang berlaku.
Untuk initiative, dia mengatakan, artinya mampu memulai dan menindaklanjuti tugas/kerja sesuai rencana layanan. Measurable sendiri berarti mampu memberikan pelayanan yang berdampak dan terukur. Dan adaptif artinya mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan/beban tugas yang dihadapi dalam situasi atau konteks apa pun.

Ilham di akhir sesi menjelaskan layanan yang terbaik datangnya dari hati.
“Karena itu, kita harus berupaya menyelaraskan hati, pikiran, dan tindakan. Apa yang kita yakini akan memengaruhi pikiran dan harapan, sementara pikiran dan harapan memengaruhi sikap, tindakan, dan kebiasaan. Hingga nanti di akhir akan memengaruhi kinerja kita,” jelas Ilham.
Pelatihan ini dihadiri seluruh personel Satlantas Polres Kabupaten Malang, mulai dari perwira hingga bintara dan pegawai. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Editor: Dwi Lindawati