Tips Aman Berkendara Tempuh Perjalanan Jauh Menggunakan Motor - Tugujatim.id

Tips Aman Berkendara Tempuh Perjalanan Jauh Menggunakan Motor

  • Bagikan
Ilustrasi servis kendaraan bermotor yang wajib dilakukan rutin untuk keamanan dan keselamatan berkendara. (Foto: MPM Honda Jatim) tips aman berkendara
Ilustrasi servis kendaraan bermotor yang wajib dilakukan rutin untuk keamanan dan keselamatan berkendara. (Foto: MPM Honda Jatim)

Tugujatim.id – Ada momen tahunan di Indonesia yang pasti melibatkan kendaraan bermotor baik itu di penghujung bulan Ramadhan, ataupun setelah Lebaran. Mudik, itulah tradisi masyarakat Indonesia yang kerap dilakukan meski pemerintah sebenarnya sudah melarang.

Nah, mudik ini terkadang menempuh perjalanan jauh yang membuat kita harus menaiki kendaraan umum seperti bus, kereta bahkan pesawat, atau sepeda motor.

Berbicara terkait mudik dengan berkendara motor, tentu saja banyak hal yang perlu disiapkan agar Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Berikut adalah rekomendasi dan tips aman berkendara saat menempuh perjalanan jauh. Apa saja?

1. Motor dalam keadaan prima

Periksa mulai dari kondisi mesin, rem, roda, oli, lampu, dan komponen lainnya. Motor yang lancar akan memperlancar perjalanan sampai kampung halaman. Sebaliknya jika kondisi motor tidak prima, hal itu akan menghambat perjalanan. Tentu siapa pun tidak mau dong, jika motor mogok atau rusak di tengah perjalanan mudik.

Selain itu juga sangat berisiko jika motor dalam kondisi tidak prima. Paling fatal, yakni rawan menyebabkan kecelakaan.

2. Kondisi tubuh fit

Ini tak kalah penting. Selain motor, pengendara juga harus prima atau fit agar bisa berkendara dengan konsentrasi penuh dan bugar. Apalagi, jarak yang ditempuh jauh. Maka, hal tersebut harus dipastikan betul.

Jika tidak prima, bisa menyebabkan kecelakaan yang terjadi karena hilangnya konsentrasi. Agar senantiasa fit, hendaknya konsumsi makanan bergizi dan kaya vitamin.

3. Kurangi barang bawaan

Agar sepeda motor lebih mudah dikendalikan, hendaknya barang yang dibawa tidak terlalu banyak. Apalagi membawa boncengan keluarga, tentu membawa barang yang terlalu banyak juga mengkhawatirkan.

Mengenai bawaan, lebih baik jika semua barang bawaan dimasukkan dalam satu tas sehingga praktis dan mudah untuk dibawa dengan cara dicangklong di belakang. Atau bisa juga barang yang mau digunakan saat di rumah di kirim lewat jasa pengiriman barang.

Bagi mereka yang sudah berkeluarga, hendaknya jangan memaksa untuk mengangkut lebih dari dua orang dalam satu motor. Ini penting! Kelebihan penumpang menyebabkan sepeda motor sulit untuk dikendarai sehingga rawan menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, banyak petugas kepolisian juga akan menindak sepeda motor yang kelebihan muatan, demi keselamatan. Tentu itu tidak baik ya.

4. Obat pribadi

Tentu kita tak ingin terjadi apa-apa di jalan. Jadi obat pribadi harus tetap dibawa dalam perbekalan selama perjalanan. Hal itu mengantisipasi agar hal-hal yang tidak diinginkan menggangu aktivitas berkendara.

5. Berdoa

Jangan lupa berdoa agar perjalanan senantiasa dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa agar selamat sampai tujuan. Doa juga hendaknya tetap dipanjatkan dalam perjalanan, sebab itu juga faktor pendukung yang luar biasa.

Terutama bagi umat Islam yang mudik atau kembali ke tempat asal, berdoa dan salat wajib juga harus selalu dilaksanakan dengan tertib. Selain melaksanakan kewajiban dan berdoa untuk keselamatan, usai shalat di masjid bisa dimanfaatkan untuk waktu istirahat.

Tetap jaga keselamatan! Sebab keluarga menunggu kita di rumah.

  • Bagikan