Tugu Media Group dan Komunitas DC² Bagi Bingkisan Lebaran kepada 100 Difabel di Malang - Tugujatim.id

Tugu Media Group dan Komunitas DC² Bagi Bingkisan Lebaran kepada 100 Difabel di Malang

  • Bagikan
Tugu Media Group bekerja sama dengan komunitas Difabel Creative Community (DC²) menyalurkan bingkisan lebaran kepada rekan-rekan difabel, Jumat (7/5/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Tugu Media Group bekerja sama dengan komunitas Difabel Creative Community (DC²) menyalurkan bingkisan lebaran kepada rekan-rekan difabel, Jumat (7/5/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Di masa malam Lailatul Qadar ini, Tugu Media Group yang bekerja sama dengan komunitas Difabel Creative Community (DC²) kembali menggelar kegiatan sosial dengan membagikan 100 sembako, 100 takjil, hingga 100 menu berbuka puasa kepada 100 difabel se-Malang Raya pada Jumat (07/05/2021). Acara kali keempat dan kegiatan terakhir di bulan Ramadhan ini, Tugu Media Group yang membawahi tugumalang.id dan tugujatim.id itu ingin terus berbagi dan bermanfaat untuk masyarakat.

Sebelumnya, kegiatan sosial ini telah digelar di Ponpes Jami’ur Rohmah, Sukun; Yayasan Panti Asuhan Sunan Giri, Jalan Ngelo Tlogomas Barat No 49B, Tlogomas; dan di Panti Asuhan Yasibu, tepatnya di Jalan Babatan III RT 02/RW 03, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Tugu Media Group pun terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dalam gerakan menebar kebajikan di Bulan Suci Ramadhan ini. Salah satunya dari donatur bernama Retno Setiasih. Ibu dua anak itu secara langsung mengamanahi Tugu Media Peduli untuk membagikan 100 paket makanan, 100 paket takjil, dan sembako setiap Jumat selama Ramadhan di Kota Malang.

Tugu Media Group bekerja sama dengan komunitas Difabel Creative Community (DC²) menyalurkan bingkisan lebaran kepada rekan-rekan difabel di Malang, Jumat (7/5/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Tugu Media Group bekerja sama dengan komunitas Difabel Creative Community (DC²) menyalurkan bingkisan lebaran kepada rekan-rekan difabel di Malang, Jumat (7/5/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)

Retno yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah, dan tinggal di Kota Bogor, Jawa Barat, ini memilih Malang karena tampaknya punya ikatan emosional. Rupanya di Kota Malang itulah Retno mulai berjuang meniti karir profesionalnya setelah lulus dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Terima kasih banyak kepada Pak Thoriq, seluruh jajaran di Tugu Media Group, dan kepada komunitas DC² atas bantuannya menyalurkan sumbangan saya sekeluarga kepada saudara-saudara kita. Semoga mereka senang menerimanya dan berbahagia di Hari Lebaran Idul Fitri ini,” ujar Ibu Retno Setiasih.

Sementara itu, kegiatan bagi-bagi makanan untuk berbuka puasa kali keempat ini tetap dilaksanakan Tugu Media Group bersama anggota komunitas Difabel Creative Community (DC²). Tim relawan Tugu Media Peduli yang dikoodinatori editor tugujatim.id Dwi Lindawati itu mengonsep kegiatan sosial yang berbeda.

Linda mengatakan, tiga kegiatan di bulan Ramadhan lalu kami selalu menggandeng teman komunitas Difabel Creative Community (DC²) untuk berbagi ke panti asuhan dan ponpes. Nah, kali ini karena komunitas DC² juga ingin mengadakan bagi-bagi sembako, maka kami dari Tugu Media Peduli men-support-nya. Dia juga mengatakan, tentunya sasarannya adalah para difabel di Malang Raya.

“Awalnya komunitas DC² mengatakan ingin bagi-bagi sembako kepada anggotanya saja. Tapi, karena kami juga peduli kepada teman-teman difabel, langsung di-support penuh agar bisa membagi sembako kepada banyak difabel,” ujarnya.

Linda juga mengatakan, alhamdulillah banyak respons positif dari kegiatan ini. Dia juga mengatakan, banyak juga yang ikut bersedekah melalui Tugu Media Group maupun ke komunitas DC². Di antaranya, ada yang memberikan kudapan, sembako, makanan, hingga berupa donasi. Artinya, kegiatan Tugu Media Peduli dan komunitas DC² ini menginspirasi orang lain dalam menebar kebaikan.

Difabel tuli yang dicek suhunya sebelum menerima bingkisan guna untuk mematuhi protokol kesehatan. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Difabel tuli yang dicek suhunya sebelum menerima bingkisan guna untuk mematuhi protokol kesehatan. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)

Sementara itu, Ketua DC² Sutarno mengatakan, sangat senang kegiatannya juga di-support oleh tim Tugu Media Peduli. Dia mengatakan, ini menandakan ada sinergi antara komunitas difabel dengan media.

Sutarno memaparkan, sangat berterima kasih atas amanah dari Bu Retno dari Bogor dan CEO Tugu Media Group Irham Thoriq.

Sutarno juga mengatakan, terima kasih kepada para donatur dan relawan yang memberikan kepercayaan dan donasinya kepada DC² untuk menyampaikan amanah ini.

“Sampaikan salam saya kepada Bu Retno Setiasih, Bapak Irham Thoriq, dan para donatur karena mau berbagi dengan kami (difabel, red) di bulan Ramadhan ini. Semoga semua panjang umur, banyak rezeki, selalu diberikan kebarokahan, selalu diberikan kemudahan dalam semua hajatnya,” ujarnya.

Sementara itu, acara membagi 100 sembako ini dimulai pukul 15.00-16.30. Para difabel pun begitu antusias, karena tidak hanya dari anggota komunitas DC² yang mendapatkannya, tapi juga difabel dari 5 kecamatan dan 4 komunitas difabel. Yaitu, FKD Sukun, FKD Klojen, FKD Kedungkandang, FKD Blimbing, dan FKD Lowokwaru. Sementara dari komunitas, ada komunitas HWDI, OPD, Gerkatin, dan Pertuni.

Dia juga mengatakan, dalam bingkisan parcel sembako itu berisi beras, minyak goreng, gula, mi instan, kopi, susu, dan teh. Selain itu, juga ada 100 takjil dan 100 menu berbuka yang dibagikan. Untuk difabelnya dari Malang Raya, di antaranya dari Bantur, Ampelgading, Tumpang, Tajinan, Pujon, Lawang, dan semua difabel di Kota Malang. Dia juga mengatakan, semua ragam difabel diberikan paket sembako ini.

Salah satu difabel bernama Tantri mengungkapkan rasa bahagianya karena dia mendapatkan bingkisan ini.
“Alhamdulillah, dapat berkah dan rezeki di bulan Ramadhan ini melalui bagi-bagi sembako ini. Terima kasih ya semuanya,” ujarnya.

Istri dr Tandya, Aminah Najmah memberikan paket sembako kepada salah satu difabel tunanetra, Jumat (7/5/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Istri dr Tandya, Aminah Najmah memberikan paket sembako kepada salah satu difabel tunanetra, Jumat (7/5/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)

Sementara itu, salah satu donatur bernama Aminah Najmah yang juga istri dari dr Sugiharta Tandya SpPK, ini, mengatakan rasa senangnya bisa berbagi dengan sesama. Dia mengatakan, apalagi sekarang berbagi dengan difabel.

“Biasanya kan membaginya di panti asuhan dan ponpes. Dan kaum difabel jarang tersentuh.Nah, saat ini waktu yang tepat untuk berbagi dan memberikan perhatian kepada difabel. Insya Allah, lebih memberikan perhatian kepada difabel ke depannya,” ujarnya setelah ikut membagikan paket sembako kepada difabel.

Sampai Jumpa di Ramadhan Selanjutnya

Perusahaan media yang berkantor di Jalan Dirgantara 1A, 12 B, Kota Malang, ini juga sangat tersanjung karena ada banyak donatur yang memberikan kepercayaan untuk melaksanakan berbagai acara sosial yang positif selama Ramadhan. Tugu Media Group sedikit banyak telah menginspirasi para donatur untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, apalagi di bulan suci ini. Kegiatan sosial itu bertajuk ”Berbagi 1.001 Berkah dan Kebajikan di Bulan Ramadhan”.

Kegiatan tersebut makin melengkapi operasi kemanusiaan bagi para korban gempa Malang Raya dan sekitarnya yang digalang dan digelar oleh Tugu Media Peduli.

CEO Tugu Media Group Irham Thoriq mengatakan, ini adalah kegiatan kali keempat. Dia mengatakan, ternyata banyak juga yang ingin berbagi melalui media kami. Thoriq mengatakan, pasti merasa senang karena banyak donatur yang memercayakan kepada perusahaan media situs berita (siber) ini dalam mengadakan kegiatan sosial di tengah kondisi melawan pandemi Covid-19. Thoriq mengatakan, dukungan tersebut patut diapesiasi sekaligus disyukuri.

“Terima kasih kepada Bu Retno Setiasih, istri dari Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang sudah memercayakan donasi serta sedekahnya kepada kami untuk disalurkan kepada warga Kota Malang,” ujar alumnus UIN Malang Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) ini.

Paket sembako juga diberikan kepada anak difabel tunanetra. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Paket sembako juga diberikan kepada anak difabel tunanetra. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)

Thoriq juga mengatakan, alhamdulillah, Tugu Media Group bisa ikut serta bagi-bagi THR (tunjangan hari raya) kepada 100 difabel dalam bentuk 100 sembako, 100 takjil, hingga 100 menu berbuka.

“Ini adalah anugerah luar biasa dari Allah SWT yang tak ternilai,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, tak lupa kami Tugu Media Group berterima kasih kepada komunitas DC2 yang sudah membantu kami dalam penyaluran, bahkan menyarikan dari donatur lain sehingga difabel penerima bingkisan ini bisa sangat banyak.

“Acara bagi-bagi bingkisan sembako ini merupakan acara puncak, setelah sebelumnya sudah digelar 3 kali di tempat yang berbeda setiap hari Jumat di bulan Ramadhan. Semoga acara positif seperti ini bisa kami gelar setiap tahun. Aamiin,” ujarnya.

Kamis malam (06/05/2021) Retno pun mentransfer sejumlah uang ke Tugu Media Group. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada tim Tugu Media Group untuk keperluan acara sedekah kali keempat ini.

“Saya minta bantuan Pak Thoriq dan tim Tugu Media Group untuk bikin acara yang terbaik setiap Jumat selama Ramadhan untuk dibagikan ke mereka yang membutuhkan. Saya sangat bersyukur karena bisa sedikit berbagi pada sesama,” ujar Retno yang pernah sekitar tiga tahun bekerja di Bank Indonesia Malang ini.

Terakhir, Thoriq berharap, kegiatan berbagi berkah selanjutnya selalu bisa menginspirasi orang lain maupun para donatur untuk berlomba-lomba dalam menebar kebajikan.

“Semoga kita semua sehat dan diberikan kesempatan bertemu di Ramadhan tahun depan. Aamiin,” ujarnya.

  • Bagikan