Usai Revisi DED, Anggaran Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu Membengkak Rp 30 Miliar - Tugujatim.id

Usai Revisi DED, Anggaran Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu Membengkak Rp 30 Miliar

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.(Foto: Sholeh/Tugu Jatim) 
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.(Foto: Sholeh/Tugu Jatim) 

BATU, Tugujatim.id – Anggaran revitalisasi Pasar Besar Kota Batu membengkak Rp 30 miliar usai dilakukan revisi ketiga soal detail engineering design (DED) bangunan. Sementara anggaran rencana awal sebesar Rp 200 miliar dari APBN yang telah ditetapkan dalam Perpres No 80 Tahun 2019.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menuturkan, pembengkakan anggaran tersebut terjadi karena adanya penyesuaian kelayakan fungsi gedung. Jadi, anggarannya bertambah menjadi Rp 230 miliar.

“Intinya, pada pembahasan ketiga ini ada penyesuaian lagi. Jadi, memang harus dimatangkan agar tak terjadi banyak perubahan saat pembangunan,” ujarnya belum lama ini.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat meninjau Pasar Besar Kota Batu.(Foto: Sholeh/Tugu Jatim) 
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat meninjau Pasar Besar Kota Batu.(Foto: Sholeh/Tugu Jatim)

Berdasarkan hasil pembahasan bersama Pemprov Jatim dan Kementerian PUPR terakhir, Punjul menyebutkan, penyusunan DED revitalisasi Pasar Besar tersebut memang diminta agar lebih detail dan rinci oleh perencana konsultan dari pemerintah pusat.

Menurut dia, ada beberapa kajian teknis yang ditekankan, di antaranya laporan analisis struktur, laporan rencana Mechanical Electrical & Plumbing (MEP), gambar DED, Rencana Kerja dan Syarat (RKS), Bill of Quantity (BOQ), dan dokumen pendukung lainnya.

“Jadi, terkait Keterangan Rencana Kota (KRK), site plan, aspek struktur bangunan MEP juga disinggung. Bahkan, Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL)-nya juga diukur,” paparnya.

Dia berharap, revitalisasi pasar di area lahan seluas 4 hektare yang membutuhkan anggaran Rp 230 miliar tersebut dapat segera terealisasikan dan selesai sesuai target.

 

  • Bagikan