Vaksinasi Dosis 3 untuk Nakes di Bojonegoro Capai 70,4 Persen - Tugujatim.id

Vaksinasi Dosis 3 untuk Nakes di Bojonegoro Capai 70,4 Persen

  • Bagikan
Ilustrasi vaksin moderna, salah satu jenis vaksin yang digunakan sebagai vaksin booster atau vaksin dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan di Indonesia. (Foto: Pixabay) tugu jatim vaksinasi nakes dosis 3
Ilustrasi vaksin moderna, salah satu jenis vaksin yang digunakan sebagai vaksin booster atau vaksin dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan di Indonesia. (Foto: Pixabay)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Sejak dimulai pada bulan Juli lalu, vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) di Bojonegoro telah mencapai jumlah 70,4 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bojonegoro, Whenny Dyah Prajanti, vaksin dosis ketiga ini hanya diberikan kepada tenaga kesehatan, mengingat nakes merupakan kelompok yang sangat beresiko tertular virus corona.

“Saat ini pelaksanaan vaksinasi dosis ke-3 nakes sudah hampir selesai, kalau dipresentasikan saat ini sudah capai 70.4%,” ujarnya saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Bojonegoro, Senin (13/09/2021).

Whenny mengatakan, vaksin dosis ketiga yang digunakan kali ini ialah vaksin Covid-19 dengan varian Moderna. Vaksinasi dosis ketiga dengan menggunakan varian Moderna tersebut berdasarkan dari hasil rekomendasi dari Badan Pedngawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

“Vaksinasi dosis pertama dan kedua dulu sama, namun untuk vaksinasi ke tiga ini menggunakan jenis moderna,” imbuhnya.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Bojonegoro, Triguno mengungkapkan, terhitung hingga 13 September 2021, masyarakat yang telah menerima vaksin, yaitu 277.439 telah melakukan vaksinasi dosis pertama, dan 130.314 telah melakukan vaksinasi dosis kedua.

Dengan target vaksinasi 1.025.995 masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi.

“Kalau untuk saat ini, penyuntikan vaksinasi bisa mencapai seribu dosis,” kata Triguna melalui pesan singkat, Selasa (14/09/2021).

Menurutnya, vaksinasi yang dilakukan menyasar secara umum. Adapun stok vaksin di Bojonegoro, Triguno mengklaim masih dalam kondisi aman alias tidak kekurangan.

  • Bagikan