16 Tipe Kepribadian Menurut Psikolog Briggs dan Myers

  • Bagikan
Ada beragam sifat manusia, di antaranya introvert, ekstrovert, sensing, judging, feeling, dan thingking. (Foto ilustrasi: Wikipedia/Tugu Jatim)
Ada beragam sifat manusia, di antaranya introvert, ekstrovert, sensing, judging, feeling, dan thingking. (Foto ilustrasi: Wikipedia/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Dalam psikologi ada klasifikasi atau tipologi kepribadian berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), ada dua penggagasnya yaitu Katherine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myers. Tipologi MBTI secara garis besar berdasarkan atas dua kepribadian manusia, yaitu introvert dan ekstrovert.

Apakah Anda sudah tahu mengenai introvert dan ekstrovert itu? Tipologi MBTI ini dikembangkan dari tipologi kepribadian milik Carl Gustav Jung yang memopulerkan istilah introvert, ekstrovert, dan sosok tokoh psikoanalisis.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Sebelum tahu apa kepribadian kita, ada empat domain lho yang dibagi oleh Briggs dan Myers:

1. Introvert (I)-Ekstrovert (E)
2. Sensing (S)-Intuition (N)
3. Thingking (T)-Feeling (F)
4. Judging (J)-Perceiving (P)

Nah, Tugu Jatim sudah merangkum 16 kepribadian MBTI. Anda termasuk tipe kepribadian yang mana gaes?

Macam-Macam Tipe Kepribadian Menurut MBTI:

1. INFP (Introvert, Intuition, Feeling, Perceving)
Adalah orang yang idealis, teguh, dan memegang prinsip. Setia, terutama dengan orang-orang penting dalam hidupnya. Memiliki rasa ingin tahu tinggi, fleksibel, adaptif, kecuali pada prinsip yang dipegang.

2. INTJ (Introvert, Intuition, Thingking, Judging) 
Adalah orang yang cepat memahami pola menyusun perspektif jangka panjang. Mandiri, terorganisasi, dan memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi untuk diri sendiri serta orang lain.

3. INFJ (Introvert, Intuition, Feeling, Judging)
Pencari makna. Memahami pikiran orang lain dan hubungan antar ide, bahkan hubungan sosial. Punya komitmen pekerjaan tinggi, ingin melayani orang di sekitarnya sebaik mungkin.

4. INTP (Introvert, Intuition, Thingking, Perceving)
Tertarik ide timbang interaksi sosial. Orang yang amat teoretis dan abstrak, dengan tampilan cerdas dan tenang. Mempunyai minat, mereka mampu fokus dan mendalami masalah dengan solusinya juga.

5. ENTJ (Ekstrovert, Intuition, Thingking, Judging)
Pembaca keadaan yang baik, peka dalam memilah prosedur atau kebijakan yang kurang efisien, bahkan mampu mengembangkan sistem guna mengatasi persoalan dalam organisasi. Tak segan memaksakan idenya.

6. ENTP (Ekstrovert, Intuition, Thingking, Perceving)
Ekstrovert yang menjadi sosok blak-blakan. Tak ragu bila harus memecahkan masalah dengan cara-cara menantang sekaligus strategis. Menyukai kegiatan menarik dan jenuh dengan rutinitas.

7. ENFJ (Ekstrovert, Intuition, Feeling, Judging)
Sosok yang hangat, punya empati tinggi, dan pendengar yang baik. Senang bergaul, suka memudahkan urusan, dan mendorong orang lain mencapai posisi terbaik. Mereka juga mau menerima kritik dan pujian.

8. ENFP (Ekstrovert, Intuition, Feeling, dan Perceving)
Karakternya hangat. Sosok imajinatif dengan antusiasme tinggi. Kemampuan dalam memahami pola dan hubungan informasi dengan kejadian lainnya membuatnya percaya diri. Suportif, fleksibel, spontan, dan fasih berbicara.

9. ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, Judging)
Sosok yang tenang, teliti, dan bertanggung jawab. Juga berkomitmen, telaten, cermat, baik hati, loyal, dan perhatian. Sesuatu yang penting amat diingatnya secara spesifik.

10. ISFP (Introvert, Sensing, Feeling, Perceving)
Sosok yang tenang, sensitif, dan baik hati. Membutuhkan ruang sendiri, bekerja sesuai waktunya sendiri, hadir dan menikmati masa kini. Mereka memiliki komitmen pada orang atau prinsip yang penting bagi dirinya. Karena tidak menyukai perselisihan atau konflik.

11. ISTJ (Introvert, Sensing, Thingking, Judging)
Karakternya tenang, serius, teliti, tekun, andal, realistis, praktis, dan logis. Orientasi pada tanggung jawab dan fakta. Pakai logika dalam memutuskan sesuatu. Mereka pekerja yang tertib dan teratur.

12. ISTP (Introvert, Sensing, Thingking, Perceving)
Kepribadian ini amat toleransi dan fleksibel. Tenang dalam menganalisis serta dapat bertindak cepat. Menemukan solusi, berminat pada hubungan sebab-akibat. Bisa mengolah fakta secara efisien.

13. ESFJ (Ekstrovert, Sensing, Feeling, Judging)
Suka kerja sama dalam lingkungan harmonis. Mampu memahami kebutuhan orang lain dan berupaya membantu memenuhinya. Ingin dihargai sebagai pribadi dan atas yang sudah dikerjakan.

14. ESFP (Ekstrovert, Sensing, Feeling, Perceving)
Sosok ramah, bersahabat, fleksibel, adaptif, spontan, mencintai kehidupan sendiri dan orang lain. Suka belajar dan bekerja sama dengan orang lain sembari memakai pendekatan yang logis dan realistis.

15. ESTJ (Ekstrovert, Sensing, Thingking, Judging)
Tipe yang praktis, realistis, serta berorientasi pada fakta, dan tegas. Tahu bagaimana mengatur pekerjaan secara efisien agar diperoleh hasil terbaik. Logikanya bagus, membantu dalam menghasilkan keputusan cepat.

16. ESTP (Ekstrovert, Sensing, Thingking, Perceving)
Sosok yang fleksibel dan toleransi, suka menjalin silaturahmi dan berkomunikasi aktif. Teori terlihat membosankan baginya. Mereka bisa belajar dengan baik secara langsung.

Itulah 16 kepribadian menurut MBTI yang sudah dirangkum oleh Tugu Jatim. Kalian termasuk yang mana? Introvert atau ekstrovert gaes…? (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan