160 Rumah Tak Layak Huni di Kota Batu Dibedah Agustus 2021 - Tugujatim.id

160 Rumah Tak Layak Huni di Kota Batu Dibedah Agustus 2021

  • Bagikan
Ilustrasi rumah tak layak huni. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi rumah tak layak huni. (Foto: Pexels)

BATU, Tugujatim.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu akan merealisasikan program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada 2021 ini. Dinsos akan menggelontorkan anggaran mencapai Rp 5,1 miliar untuk 160 rumah. Nantinya, masing-masing rumah akan menerima dana renovasi sebesar Rp 30 juta.

Kepala Dinsos Kota Batu Ririk Mashuri menuturkan, bedah rumah ini akan dijalankan mulai Agustus 2021. Pihaknya selama ini juga sudah melakukan verifikasi faktual untuk memastikan apa penerima manfaat ini benar-benar layak dibedah rumahnya.

”Data yang kami himpun awalnya 300 unit RTLH, tapi berkurang menjadi 160 unit seiring proses verifikasi. Karena ada yang sudah dapat bantuan lain, akhirnya usulan itu kami tolak,” kata dia pada awak media, Senin (02/08/2021).

Ririk mengatakan, ratusan rumah yang akan dibedah ini juga meliputi di 24 kecamatan se-Kota Batu. Total 300 KK data yang didapat, ada 140 KK yang dicoret karena ada ketidaksesuaian alamat dengan dokumen yang diajukan. Ada juga yang datanya ganda.

Ririk mencontohkan, ada 11 rumah di Dusun Brau, Gunungsari, Bumiaji, yang terdampak longsor, tapi dieliminasi dari daftar penerima bantuan.

”Hingga saat ini anggarannya belum terserap sama sekali. Paling nggak Agustus ini akan kami realisasikan,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, DPRD Kota Batu meminta agar program bedah rumah ini bisa direalisasikan secepatnya. Seperti dikatakan anggota Komisi C DPRD Kota Batu Didik Machmud saat ini adalah waktu yang tepat karena masuk musim kemarau.

”Mumpung sekarang masih kemarau sehingga pas musim hujan, renovasi sudah selesai dan pemilik rumah bisa merasakan manfaatnya,” kata dia.

  • Bagikan