3 Konser Musik Paling Unik dan Populer di Indonesia

  • Bagikan
Ilustrasi antusiasme para penikmat musik semakin besar tiap tahunnya. (Foto: Unsplash) tugu jatim
Ilustrasi antusiasme para penikmat musik semakin besar tiap tahunnya. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Dengan perkembangan era digital saat ini membuat jumlah para penikmat musik semakin besar dengan antusiasme yang besar pula. Salah satu platform musik populer, Spotify, membuktikan fakta tersebut dengan mendapatkan 200 juta pengguna tiap bulannya.

Sehingga para pembuat acara terpicu untuk semakin kreatif dalam menyajikan suatu festival musik. Di Indonesia sendiri, muncul banyak konser yang unik mulai dari tema di tengah hutan samppai di pinggir pantai. Ini dia 3 konser unik yang bisa menjadi referensi pengalaman barumu!

1. Lalala Fest

Konser musik di tengah hutan. (Foto: instagram.com/lalala.fest)
Konser musik di tengah hutan. (Foto: instagram.com/lalala.fest)

Konser ini merupakan festival musik di hutan pertama yang ada di Indonesia. Diadakan di tengah hutan pinus yang rindang, yaitu Orchid Forest di Lembang, Bandung membuat kita ikut hanyut dalam suasana alam terbuka dan alunan musik yang ditampilkan. Menghadirkan aksi dari para musisi lokal dan internasional, membuat pertunjukan musik ini selalu ditunggu-tunggu.

Sayangnya, konser ini dibatalkan pada tahun lalu untuk keselamatan bersama dari Covid-19. Padahal konser ini sangat dinantikan sebab para line up artis yang sengaja dirahasiakan. Sehingga para penonton dibuat penasaran dan menerka-nerka siapa saja yang akan memeriahkan Lalala Fest 2020.

Jika kalian tertarik untuk datang, sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman karena perjalanan menuju ke tempat konser cukup menajak dan curam di jalan setapak. Konser ini juga sering diadakan saat musim hujan dimana jalan jadi becek dan licin sehingga mudah tergelincir. Menurut si promotor, Dony Heru, memang sengaja diadakan saat musim hujan agar mendapatkan esensi festival hutannya.

2. Jazz Gunung

Konser musik jazz di atas ketinggian lebih dari 2000 mdpl. (Foto: instagram.com/jazzgunung)
Konser musik jazz di atas ketinggian lebih dari 2000 mdpl. (Foto: instagram.com/jazzgunung)

Sesuai dengan namanya, Jazz Gunung merupakan konser musik jazz ini diadakan di gunung yaitu Gunung Ijen dan Bromo pada ketinggian lebih dari 2000 di atas permukaan laut. Suhu di bawah tiga derajat yang hampir menyentuh titik beku membuatmu harus siap secara fisik sebelum datang.

Salah satu penggagasnya, Sigit Pramono mengungkapkan bahwa pada awalnya para penyanyi cukup ragu untuk tampil lantaran ada kemungkinan gagal saat bernyanyi suara tinggi di tengah suhu dingin. Meskipun bertajuk jazz namun saat ini ada banyak genre musik yang ikut menyemarakkan konser. Konser jazz ini juga dibuat dengan sentuhan etnik dengan menggabungkan berbagai alat musik seperti gamelan.

Sempat ditunda, Jazz Gunung tahun 2020 berhasil tampil dengan protokol kesehatan ketat pada 12 Desember lalu. Diadakan dengan dua konsep yaitu Jazz Ijen yang dihadirkan secara virtual dan Jazz Bromo yang disajikan live on action, diharapkan menjadi angin segar bagi para penikmat musik jazz di tengah pandemi.

3. Banyuwangi Beach Jazz Festival

Konser musik dengan suguhan pemandangan pantai. (Foto: instagram.com/merahputihproductions)
Konser musik dengan suguhan pemandangan pantai. (Foto: instagram.com/merahputihproductions)

Masih dengan konser musik jazz, Banyuwangi Beach Jazz Festival adalah festival musik jazz yang disemarakkan di pinggir pantai dengan para musisi lokal Indonesia. Salah satu konser musik unik yang bisa jadi pilihanmu jika ingin merasakan suasana konser yang berbeda. Karena kalian dapat merasakan hembusan angin pantai dan suara deburan ombak yang menyatu dengan alunan musik yang dimainkan.

Pada 2019 lalu, konser ini telah mencapai tahun ke-9 nya dengan menyuguhkan pemandangan Pantai Marina Boom yang baru saja direviitalisasi ini. Sebelumnya pantai tersebut terlihat kotor, namun pemerintah mengadakan pembaruan agar tempat tersebut memiliki nilai jual sebagai tempat wisata.

Sebagai daerah yang di kenal dengan daerah pesisirnya ini, Banyuwangi juga memanfaatkan kegiatan ini sebagai promosi objek wisata pantainya dan sebagai wadah ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Nah, itu dia 3 konser musik unik yang ada di Indonesia. Apa kalian tertarik? (Muthiya Mabila/gg)

  • Bagikan