4 Pekerja Migran asal Kabupaten Kediri Positif Covid-19 - Tugujatim.id

4 Pekerja Migran asal Kabupaten Kediri Positif Covid-19

  • Bagikan
Kabid Transmigrasi dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Kediri, Jumadi ketika membeberkan adanya 4 pekerja migran yang positif Covid-19. (Foto: Rino Hayyu/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.id – Dari 171 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang kampung ke Kabupaten Kediri diketahui ada empat orang yang positif Covid-19. Keempat PMI ini sekarang tengah mendapatkan perawatan di RS Nur Aini, Pare, dan RS Indrapura, Surabaya. Sebelumnya, mereka merupakan PMI yang bekerja di Malaysia.

Hal ini diketahui dari data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kediri yang aktif berkoordinasi dengan Provinsi Jawa Timur. Menurut Kabid Transmigrasi dan Penempatan Tenaga Kerja, Jumadi, 171 PMI ini sudah karantina di Kediri. Kemungkinan, kata Jumadi, masih ada tambahan PMI yang akan dijemput ke Kabupaten Kediri.

“Sampai hari ini 171 orang Mas. yang di RS Nurani ada 3 dan yang di RS Indrapura Surabaya 1 orang,” ungkap Jumadi.

Menurut dia, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan ketika PMI pulang ke Indonesia. Jumadi mengatakan, prosedurnya begitu datang di Bandara Juanda, Surabaya, para PMI langsung dibawa ke asrama haji. Mereka langsung dilakukan tes swab PCR, bahkan juga dikarantina selama 2 hari.

“Kalau selama 2 hari, hasilnya negatif, mereka akan dijemput oleh Kabupaten Kediri untuk dilakukan swab lagi di RS Nuraini, lalu dikarantina 3 hari di wisma atlet Pare dan SDN Pelem 2 Pare, ” terang Jumadi.

Setelah 3 hari, kalau PMI dinyatakan negatif Covid-19, mereka akan diizinkan pulang ke rumahnya masing-masing. Namun jika positif, mereka akan diisolasi di wisma atlet dan SDN Pelem 2 Pare.

  • Bagikan