5 Cara Mudah Menghafal Pelajaran

5 Cara Mudah Menghafal Pelajaran

  • Bagikan
Ilustrasi seorang remaja sedang berusaha menghafal materi pelajaran/tugu jatim
Ilustrasi seorang remaja sedang berusaha menghafal materi pelajaran. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Tugas menghafal seringkali menjadi hal yang menyedihkan bagi sebagian orang, termasuk para siswa. Ada yang mengaku kesulitan ketika menghafal. Padahal, keterampilan menghafal termasuk kompetensi yang penting, khususnya dalam beberapa bidang ilmu. Misalnya, bidang ilmu hukum dan ilmu sosial. Jika Anda mengalami kesulitan menghafal, berikut 5 tips yang bisa dicoba agar cepat hafal.

1. Tanamkan Mindset Positif

Untuk membiasakan diri suka dengan hafalan, kita harus menanamkan pola pikir (mindset) positif bahwa menghafal itu mudah dan menyenangkan. Pemikiran seperti ini bisa memberikan motivasi agar yang semula hafalan dianggap sulit menjadi terasa lebih mudah. Ketika sudah merasa nyaman dan suka, maka menghafal akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan tidak lagi menjadi beban.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Menghafal membutuhkan konsentrasi yang cukup dan pikiran yang fokus. Bagi seseorang yang sulit menghafal, disarankan untuk memilih waktu yang tenang dengan kondisi pikiran yang fresh, misalnya waktu pagi hari. Suasana tersebut dapat mempermudah merekam informasi yang masuk. Sangat tidak disarankan, memulai hafalan ketika pikiran sedang ruwet ditambah keadaan yang bising.

3. Pahami dan Ungkapan

Menghafal pada dasarnya tidak harus sama kata per kata. Yang terpenting adalah, memahami isi dari pesan yang dihafalkan kemudian dapat menyampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Maka, sebelum menghafal, hendaknya kita paham apa yang sedang kita baca.

Dengan demikian, kita bisa dengan mudah mengungkapkan kembali pemahaman kita dengan redaksi sendiri. Hal ini berbeda ketika kita sedang menghafal surat-surat Alquran ataupun teks Peraturan perundang-undangan. Sebab, pada jenis teks tersebut kita harus ekstra menghafal kata per kata. Namun, memahami pesannya tetap menjadi kunci utama.

4. Tulis Ringkasan yang Menarik

Setelah memahami materi hafalan,  kita dapat menuliskan pokok-pokok atau ringkasan dengan kalimat pendek yang mudah diingat. Hal ini tentu bisa digunakan untuk mensiasati teks materi yang terlalu panjang. Dengan menulis ringkasan, kita akan digiring untuk melekatkan materi tersebut di pikiran kita.

Tak hanya itu, catatan yang telah dibuat dapat dikreasi dan dihias semenarik mungkin. Misalnya dengan menggunakan spidol warna warni. Hal tersebut dapat merangsang ingatan kita untuk mudah menemukan materi apa yang sudah pernah kita tulis. Misalnya, materi yang ditulis dengan spidol hijau tentang dasar hukum legal drafting, dst.

5. Record and Repeat

Setelah memahami dan menuliskan inti materi, kita dapat merekam hafalan atau bacaan materi yang sedang dihafalkan. Rekaman itu dapat didengarkan secara berulang-ulang untuk memudahkan memori otak menyimpan informasi. Mengulang hafalan harus dilakukan secara rutin dan terus menerus, agar apa yang pernah dihafal betul-betul melekat dalam ingatan.

Itulah lima tips mudah menghafal yang dapat diterapkan. Harapannya, kita yang selama ini masih sulit menghafal bisa lebih mudah hafalan bahkan menyukai kegiatan ini, sehingga bisa memiliki kompetensi hafalan yang bagus.

  • Bagikan