5 Fakta Film “Tenet” Besutan Christopher Nolan

  • Bagikan
Foto: Tenet/Chicago Film Scene/Tugu Jatim
Foto: Tenet/Chicago Film Scene/Tugu Jatim

Tugujatim.id – Beberapa waktu lalu sutradara ternama di dunia Christopher Nolan baru menyelesaikan film terbarunya. Film itu berjudul “Tenet”. Barangkali Anda pasti sudah mengetahui bagaimana cara Nolan meramu berbagai macam alur, teori, dan konflik yang memerlukan upaya berpikir untuk memahami filmnya. Kebanyakan genre yang diproduksi Nolan memang Sci-Fi, termasuk film Tenet ini masih tercium aroma fiksi ilmiah.

Banyak yang penasaran mengenai film Tenet ini. Sebagian penggemar film sudah sempat menonton, tapi berhenti di tengah jalan akibat tidak kuat memahami alur ceritanya. Atau mungkin Anda adalah bagian dari orang yang menonton film ini berkali-kali agar bisa memahami alurnya? Berikut Tugu Jatim  merangkum 5 fakta menarik mengenai film “Tenet” besutan sutradara top level dunia, Christopher Nolan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Judul Tenet Artinya Apa Sih?

Ada yang bertanya seperti itu? Memang, kalau kalian cari di berbagai kamus dan terjemahan, Tenet tidak memiliki arti spesifik. Sebab, “Tenet” merupakan sebuah kata yang bisa dibaca dari depan dan belakang, teknik ini biasanya disebut dengan paliandrom. Bunyi akan tetap sama, bila dibaca dari kanan atau kiri. Sebetulnya, film ini tadinya bukan berjudul “Tenet”, tapi “Merry Go Round”.

2. Film dengan Dana Paling Besar bila Dibanding Garapan Nolan yang lainnya

Film dengan durasi 2,5 jam ini merupakan film garapan Nolan dengan dana yang begitu besar, bila dibandingkan dengan filmnya yang lain. Tenet menghabiskan anggaran sebesar 250 juta dollar. Ini menjadi film dengan budget terbesar sepanjang sejarah manusia. Apakah kalian ingat salah satu adegan di film Tenet yang menggunakan pesawat untuk menabrak sebuah gedung? Hahaha…

3. Film Ke-6 Milik Christopher Nolan yang Memakai IMAX 700mm

Buat kalian yang menjadi penggemar Nolan, pasti sudah tidak asing dengan kamera yang dipakai Nolan untuk membuat film. Tenet menjadi film fitur kesebelas dan film keenam yang diambil dan dirilis menggunakan format 70mm IMAX, dahsyat bukan? Lebih luas perspektif yang bisa ditonton dari filmnya, membuatnya makin seru dan menegangkan.

4. Lokasi Film Diambil dari 7 Negara Berbeda

Begitu totalitasnya Nolan mengerjakan film Tenet ini. Sampai menggunakan 7 negara sebagai lokasi film yang mendapat predikat termahal itu. Beberapa negara tersebut meliputi Denmark, Estonia, India, Italia, Norwegia, Inggris, dan Amerika Serikat. Untuk pengerjaan kali pertama kali diambil di Amerika Serikat pada 2019 dan selesai November 2020. Nolan tetap menggunakan format pengambilan 70mm IMAX dari setiap lokasi di 7 negara itu.

5. Rekan Kerja Nolan dalam Pembuatan Tenet

Film ini menjadi film kedelapan Nolan bersama Michael Caine, termasuk suaranya yang menjadi cameo di film Dunkrik. Selain itu, film ini merupakan salah satu film Nolan yang tidak bekerja sama dengan Hans Zimmer, salah satu komposer soundtrack paling terkenal di dunia yang ikut mengatur skoring sejak Nolan menggarap film the Prestige tahun 2006. Tentu saja, kehilangan sosok Hans Zimmer dalam film Nolan amat berpengaruh. Nolan juga tidak ditemani editornya yang bernama Lee Smith yang sempat mengerjakan film bersama sejak era Batman Begins.

Itulah 5 fakta dari film Tenet yang perlu kalian ketahui. Siapa tahu kalian termasuk salah satu penggemar Christopher Nolan sehingga amat perlu mengenal berbagai sudut informasi yang berkaitan dengannya. Kalau kamu belum menonton film Tenet, segera menonton, semoga kamu kuat memahami film itu ya! Hahaha. Oh iya, sebetulnya “Tenet” itu ada artinya sih, kalau di dalam percakapan film itu mereka menyebut bahwa Tenet itu berarti “Prinsip”. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan