5 Fakta Kota Bodie, Kota Mati di California - Tugujatim.id

5 Fakta Kota Bodie, Kota Mati di California

  • Bagikan
Kota Bodie yang telah ditinggalkan. (Foto: snowcreekresort.com/Tugu Jatim)
Kota Bodie yang telah ditinggalkan. (Foto: snowcreekresort.com/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Di dunia ini ada banyak daerah yang tak berpenghuni atau menjadi kota mati. Salah satunya adalah Kota Bodie. Kota yang berada di Amerika Serikat ini benar-benar ditinggalkan warganya sejak 1942 silam karena berbagai masalah yang ada dalam kota tersebut.

Saat ini Bodie menjadi kota mati tanpa adanya penghuni. Namun, dengan keadaan tersebut justru kota ini menarik para turis yang penasaran dan ingin mengunjunginya. Ingin tahu lebih lanjut tentang Kota Bodie? Simak penjelasan Tugu Jatim berikut ini:

1. Menjadi Kawasan Sejarah Nasional

Meskipun tak ada seorang pun yang ingin tinggal di kota ini, nyatanya Kota Bodie memiliki panorama yang sangat menakjubkan karena terletak di pegunungan Sierra Nevada, Mono County, California. Bahkan pada 1961 silam, Bodie menjadi kota kosong yang ditunjuk menjadi kawasan sejarah nasional. Lalu setahun setelahnya, Bodie ditunjuk sebagai Taman Sejarah Nasional Bodie yang dilindungi State Historic Park.

2. Berjaya pada Masanya

Masa kejayaan Kota Bodie dimulai saat beberapa penambang emas menemukan sumber tambang baru. Jadi, awalnya penduduk yang hanya berjumlah 20 orang itu menjadi puluhan ribu orang. Selain menambang, orang-orang mulai berdatangan untuk mencari nafkah atau peruntungan lain karena kala itu Kota Bodie sangat populer dan dianggap tempat yang sesuai untuk mencari uang.

3. Memiliki Reputasi Buruk

Pada masa kejayaannya, banyak hal buruk terjadi di sini seperti tingkat kriminal tinggi dan banyaknya pengguna obat-obatan terlarang. Saat itu banyak orang dari kalangan mana pun, termasuk perampok dan pelaku kejahatan lain, yang mencoba menghasilkan uang di Bodie.

Sehingga lambat laun banyak masyarakat yang kehilangan kesejahteraan dan kenyamanannya untuk tinggal di sana. Para pemilik pabrik dan pengusaha juga makin banyak yang gulung tikar, lalu mereka pindah dari Kota Bodie.

Selain itu, umur tambang emas yang makin tua sehingga sumber daya emas makin habis dan makin banyak pabrik bangkrut serta para penambang kehilangan pekerjaannya. Lalu mereka mencoba mencari daerah di luar Bodie yang memiliki tambang emas seperti Kota Montana dan Arizona yang juga memiliki kondisi lebih aman dari kriminalitas.

4. Menjadi Kota Mati

Setelah ditinggalkan, Kota Bodie masih memiliki banyak peninggalan berupa bangunan, pabrik, dan perumahan warga. Namun, pada 1942, kota ini terkena dampak perang sehingga lebih dari setengah kota ini rusak. Dari situlah, sedikit warga yang sebelumnya masih bertahan pindah ke kota lain. Lalu Kota Bodie benar-benar menjadi kota mati tanpa ada kehidupan manusia hingga disebut sebagai kota mati atau kota hantu. Bahkan, saat berkunjung Anda tidak boleh mengambil artefak dari sana karena dipercaya akan mendapat kutukan setelahnya.

5. Menjadi Tempat Wisata

Keunikan tempat ini membuat banyak wisatawan yang ingin berkunjung karena penasaran bagaimana sebuah kota mati itu. Selain itu, karena rumornya menjadi kota berhantu, membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke Kota Bodie. Selain karena keunikannya tersebut, turis datang karena Bodie merupakan kawasan sejarah nasional dan memiliki pemandangan pegunungan juga perbukitan yang luar biasa. Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung? (Muthiya Mabila/ln)

  • Bagikan