5 Fakta Mengenai Benua Antartika atau Kutub Selatan - Tugujatim.id

5 Fakta Mengenai Benua Antartika atau Kutub Selatan

  • Bagikan
Benua Antartika. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Benua Antartika. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Kutub Selatan atau Benua Antartika merupakan salah satu lokasi yang masih misterius hingga sekarang. Banyak kajian mengenai benua yang ada di selatan bumi itu. Kondisinya jauh berbeda dengan Kutub Utara atau Benua Arktika.

Bila Anda ketahui, Benua Arktika mempunyai luas 14 juta meter persegi, tapi Benua Antartika masih belum diketahui luas pastinya sampai sekarang. Selain itu, ada dinding es tebal yang mengelilingi Benua Antartika yang disebut dengan “ice wall”. Sebagian daratan di Benua Antartika juga kering, hangat, dan tumbuh tanaman hijau.

Tugu Jatim pun merangkum 5 fakta mengenai Benua Antartika yang belum Anda ketahui. Salah satu yang menarik ialah tidak sembarang orang boleh berkunjung ke Benua Antartika dan menjelajahi daratannya, tapi harus izin terlebih dahulu. Soal pembagian waktu siang dan malam juga tidak sama dengan wilayah lain di bumi.

1. Antartika Benua Paling Dingin di Bumi

Kita tahu hampir seluruh bagian dari Benua Antartika diselimuti oleh es tebal yang membuat sulit mengeksplorasi lebih banyak mengenai benua ini. Sebab, Benua Antartika merupakan salah satu benua paling dingin yang ada di bumi. Suhunya mencapai minus 73 derajat Celcius. Rekor itu diraih pada 21 Juli 1983 yang dicatat oleh Stasiun Vostok milik Rusia di benua tersebut, sekitar minus 89,2 derajat Celcius.

2. 70 Persen Air Tawar Bumi Ada di Antartika

Soal kandungan air tawar yang dimiliki bumi justru ada di Benua Antartika, sekitar 70 persen yang ada di balik bongkahan es tebal yang amat dingin itu. Di beberapa tempat, ketebalan es di Benua Antartika bisa sampai 4 km. Apabila permukaan es di Benua Antartika mencair, permukaan air laut bisa naik sampai 60-65 meter. Hanya kurang dari 2 persen saja wilayah Benua Antartika yang tidak tertutup ketebalan es semacam itu, salah satunya bernama McMurdo Dry Valleys.

3. 1.150 Spesies Jamur Hidup di Antartika

Meski di Benua Antartika mempunyai suhu yang begitu ekstrem dinginnya, tapi ada 1.150 spesies jamur yang dapat bertahan hidup di sana. Menarik sekali! Jamur itu dapat bertahan hidup dengan sempurna pada suhu rendah sekalipun serta siklus beku dan cair yang berulang-ulang secara rutin. Jamur memang luar biasa ya, gaes? Anda kalau di suhu 20 derajat Celcius saja sudah kedinginan luar biasa, apalagi di suhu yang ada di Benua Antartika?

4. Benua Antartika Mempunyai Semua Zona Waktu

Zona waktu yang ada di garis bujur semua negara untuk menentukan waktu, siang, dan malam, serta berbagai pertimbangan lain soal ritual ibadah manusia, ternyata saling beririsan di dua kutub bumi, yaitu Kutub Utara (Arktika) dan Kutub Selatan (Antartika). Apa Anda sudah tahu, kalau sebagian waktu di Kutub Utara dan Kutub Selatan tidak pernah ada malam hari?

5. Penjelajah Pertama yang Sampai di Kutub Selatan

Ada seorang bernama Roald Amunsend yang berasal dari Norwegia. Dia merupakan orang pertama yang menjelajahi Antartika. Dia meninggalkan penjelajah Inggris bernama Robert Falcon Scott di belakang dan tiba di benua ini pada 14 Desember 1911 dengan menancapkan dan mengibarkan bendera Norwegia.

Itulah 5 fakta menarik mengenai Benua Antartika atau Kutub Selatan. Sebetulnya masih banyak hal yang dapat Anda telusuri dan gali lebih banyak soal Antartika menjadi sebuah liputan investigasi khusus. Apalagi di Antartika ada semacam pasukan militer yang menjaga berbagai pangkalan-pangkalan militer? Wow…siapa nih yang pengen menjelajah di sana? (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan