5 Fakta Soal Secret Society Bernama Illuminati

  • Bagikan
Simbol segitiga atau piramida disertai simbol mata satu kerap dikaitkan dengan simbol illuminati. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Simbol segitiga atau piramida disertai simbol mata satu kerap dikaitkan dengan simbol illuminati. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Kalian pasti tidak asing dengan organisasi atau perkumpulan rahasia yang satu ini, namanya Illuminati. Perkumpulan rahasia di dunia ada banyak sekali macamnya, namun yang paling terkenal ialah Illuminati. Illuminati berarti ‘enlightenment’ atau ‘pencerahan’. Logo illuminati yaitu bergambar piramida dan bermata satu. Banyak orang yang membahas organisasi ini, banyak juga salah paham, banyak juga kajian dan konspirasi. Beberapa fakta mengenai secret society tersebut sudah berhasil Tugu Jatim rangkum menjadi 5 fakta menarik.

1. Apakah itu Illuminati?

Istilah ‘illuminati’ mengacu pada Bavarian Illuminati, sebuah kelompok rahasia atau secret society yang eksis hanya selama satu dekade saja, dari tahun 1776 sampai 1785. Didirikan oleh Adam Weishaupt, profesor hukum dari Jerman yang amat meyakini cita-cita pencerahan, mirip organisasi lain bernama Freemason.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Gagasannya, Illuminatenordon, dipromosikan di kalangan elite. Weishaupt mengajarkan logika, kedermawanan dan nilai-nilai sekuler untuk memengaruhi kebijakan politik dunia yang akan mereka kuasai kelak. Saat ini, ada sejumlah orang yang menguasai seluruh aset dan sumber daya di dunia, beberapa di antaranya yaitu kalangan Illuminati.

2. Apakah yang Diyakini Illuminati?

Ada dua poin narasi yang sering dikemas pada illuminati, yaitu ritual aneh dan tujuan mereka yang besar untuk menguasai atau mendominasi dunia. Illuminati cenderung dekat dengan sosok yang revolusioner daripada penguasa dunia. Mereka dapat dituding berusaha menyusup dan merusak institusi dari dalam, bahkan sekelas negara juga dapat dikendalikan oleh kelompok ini.

3. Illuminati Mengendalikan Dunia?

Teori konspirasi yang sering disebut yaitu illuminati mengendalikan dunia, mendominasi dunia, dan memiliki agenda besar untuk menjadikan satu tatanan dunia baru. Namun, sebagian sejarahwan menganggap organisasi rahasia itu hanya berhasil menguasai separuh dunia saja. Pengaruh mereka bergerak di ranah pemikiran, menyusupi pikiran masyarakat dengan berbagai keberhasilan yang diraihnya. Ketika itu illuminati berhasil menanamkan pengaruhnya, setidaknya di pikiran kalian.

4. Kelompok Illuminati Asli Menghilang

Pada 1785 organisasi semacam illuminati sudah dilarang oleh Duke of Bavaria Karl Theodor, termasuk illuminati juga dilarang. Mereka menetapkan hukuman serius bagi orang yang bergabung dengan organisasi tersebut. Dokumen-dokumen yang ditemukan di rumah-rumah anggota illuminati yang paling menakutkan, seperti mimpi mereka mendominasi dunia dan ritual aneh dalam pemujaan yang mereka lakukan, beberapa memang dinyatakan konspirasi.

5. Bila Illuminati Sudah Lenyap, Kenapa Masih Menjadi Legenda yang Hidup Sampai Sekarang?

Tidak lama setelah organisasi itu dibubarkan, banyak teori konspirasi yang bermunculan di jagad masyarakat. Teori konspirasi yang paling terkenal ditulis oleh fisikawan, John Robinson pada tahun 1797 yang menuduh illuminati menyusup ke Freemason. Selain itu, biarawan Jesuit, Abbe Augustin Barruel dalam bukunya yang mengupas sejarah kelompok revolusioner Jacobin pada 1979, mengungkap bahwa organisasi rahasia, termasuk illuminati ada di belakang Revolusi Prancis. Nama mereka tertulis di dalam beberapa sejarah dunia, itulah yang membuat illuminati selalu menjadi legenda dan perbincangan sampai saat ini.

Itulah 5 fakta mengenai secret society bernama illuminati. Apakah kamu sudah mengetahuinya? Seharusnya, masih banyak yang perlu dibahas mengenai illuminati. Karena sebagian dari secret society, dipercaya merupakan organisasi yang memiliki ideologi ‘antichrist’. Walaupun tidak semua. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan