5 Fakta tentang Kopi yang Wajib Anda Tahu, Simak ya…

  • Bagikan
Kopi mengandung kafein yang sangat bermanfaat untuk tubuh. (Foto: Wikipedia/Tugu Jatim)
Kopi mengandung kafein yang sangat bermanfaat untuk tubuh. (Foto: Wikipedia/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Barangkali di antara Anda ada yang memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, saat ini masyarakat di Indonesia pun gemar minum kopi. Kurang lengkap rasanya kalau sehari saja tidak minum kopi.

Tak heran jika berjibun kafe maupun warung kopi yang menawarkan beragam racikan minuman kopinya. Tapi, tahukah Anda semua fakta soal kopi. Berikut Tugu Jatim merangkum 5 fakta mengenai kopi yang perlu Anda ketahui.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Sangat Mudah untuk Kecanduan Kopi

Anda pasti tahu bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang begitu tinggi? Rata-rata per miligram kafein sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian. Jumlah itu setara dengan satu sampai dua cangkir kopi setiap hari. Meski begitu, banyak orang yang meminum kopi lebih dari 2 kali dalam sehari. Selain itu, kafeinnya juga memiliki efek membuat penikmat kopi kecanduan ingin meminum kopi lagi, lagi, dan lagi…

2. Kopi Enak Diminum Pukul 09.30-11.30

Pagi hari merupakan salah satu waktu terbaik untuk meminum kopi, yaitu sekitar pukul 09.30-11.30. Karena kadar kortisol sedang turun dan dapat berinteraksi dengan baik, bila Anda meminum kopi terlalu pagi, kadar kortisol masih tinggi sehingga mengakibatkan efek kafein tidak terlalu bekerja dengan optimal.

3. Kopi Ternyata Mengandung Banyak Nutrisi dan Membakar Lemak

Dalam secangkir kopi yang Anda seduh, ada vitamin B2 sebanyak 11 persen dari jumlah yang disarankan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sedangkan ada sekitar 6 persen vitamin B5, 3 persen mangan dan kalium. Namun, bagaimanapun lebih baik minum kopi yang tanpa bahan kimia dan disajikan dengan gula yang tidak berlebihan.

4. Manfaat Kopi untuk Tubuh Manusia

Kopi mengandung antioksidan yang bakal membantu tubuh melawan radikal bebas. Itu juga membuat penikmat kopi lebih rendah terkena penyakit parkinson, diabetes II, dan jantung. Namun, ada juga kebiasaan dari penikmat kopi yang memiliki kebiasaan tidak sehat, misalnya seperti ngopi sambil merokok dan tidur terlalu malam. Justru kebiasaan itu membuat tubuh cepat lemah meski minum kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

5. Kafein Dapat Meningkatkan Kadar Adrenalin

Ternyata kandungan kafein yang ada dalam kopi bisa meningkatkan kadar adrenalin. Selain itu, kafein juga bisa melepaskan asam lemak dari jaringan lemak di tubuh. Hal itu memicu fisik dan mood yang baik sebelum seseorang beraktivitas.

Itulah 5 fakta mengenai kopi yang perlu Anda ketahui. Siapa tahu ada sebagian dari kita yang tidak suka minum kopi, tapi setelah membaca manfaat dari kopi ini, jadi ingin mencobanya gaes… (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan