5 Film dengan Anggaran Termahal di Dunia - Tugujatim.id

5 Film dengan Anggaran Termahal di Dunia

  • Bagikan
Johnny Depp dalam film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011). (Foto: IMDb)
Johnny Depp dalam film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011). (Foto: IMDb)

Tugujatim.id – Apakah kalian pernah berpikir berapa anggaran yang dihabiskan untuk membuat film? Ternyata tidak murah, mahal sekali. Dalam pembuatan film itu, ada beberapa produser yang memang sengaja ingin totalitas agar filmnya dapat dikerjakan dengan sebaik mungkin, kendati anggaran yang dihabiskan begitu banyak. Berikut Tugu Jatim sudah merangkum 5 film yang sempat menghabiskan anggaran terbanyak level dunia.

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011)

Poster Film On Stranger Tides
Poster Film On Stranger Tides. (Foto: Wikipedia)

Film pertama ialah Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides. Keuntungan bruto dari film ini diperkirakan Rp 1 miliar dollar AS atau senilai Rp 14 triliun. Tahun 2011, New York Times (NYT) melaporkan bahwa biaya film ini mencapai 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,8 triliun. Lanjut pada Forbes tahun 2014 rilis laporan keuangan Inggris yang menunjukkan bahwa film ini menghabiskan anggaran sebesar 410, 6 juta dollar AS sebelum dikurangi pajak sejumlah 34,1 juta dollar AS. Jadi, nilai biaya produksi film setelah dikurangi pajak adalah sebesar 376,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,4 triliun.

2. Avenger: Endgame (2019)

Avengers Endgame
Poster film Avengers Endgame. (Foto: Wikipedia)

Kalian pasti mengenal sekuel film The Avenger, yang merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Keuntungan kotor dari film ini diperkirakan sampai 2,0 miliar dollar AS atau sekitar Rp 40 triliun. Biaya pemasaran antara 150-200 juta dollar AS. Menurut laporan NYT, anggaran kotor atau bruto sebesar 350 juta dollar AS atau sekitar Rp 5 triliun. Pada April 2020, deadline media menyebutkan bahwa biaya yang dikeluarkan produksi teh Avenger: Endgame sebanyak 356 juta dollar AS.

3. Avenger: Infinity War (2018)

Poster film Avengers Infinity War
Poster film Avengers Infinity War. (Foto: Wikipedia)

Lagi-lagi sekuel MCU kembali mengisi daftar film termahal di dunia. Kali ini Avenger: Infinity War (2018) dengan keuntungan bruto 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 29 triliun. Biaya pemasaran sekitar 150-170 juta dollar AS. Laporan soal produksi film ini kebanyakan sekitar 300-400 juta dollar AS. April 2018, Walla Street Journal melaporkan bahwa film tersebut menghabiskan anggaran 300 juta dollar AS atau sektar Rp 4 triliun. Bulan berikutnya, Deadline Media melaporkan bahwa anggaran film ini mencapai 316 dollar AS sampai 325 dollar AS.

4. Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007)

Poster film Pirates of Caribbean At World's End
Poster film Pirates of Caribbean At World’s End. (Foto: Wikipedia)

Kembali lagi sekuel Pirates of the Caribbean masuk dalam daftar film termahal di dunia. Keuntungan bruto yang diperoleh film ini mencapai 961 juta dollar AS sekitar Rp 14 triliun. Wall Street Journal melaporkan bahwa film tersebut menghabiskan anggaran 300 juta dollar AS, menghasilkan keuntungan yang tidak lebih besar dari sekuel sebelumnya, yaitu Dead Man’s Chest.

5. Justice League (2017)

Poster film Justice League
Poster film Justice League (Foto: Wikipedia)

Terakhir ialah Justice League. Biaya produksi film DC Universe (DCU) ini mencapai 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,8 triliun. Adapun keuntungan yang diperoleh secara bruto ialah 657,9 juta dollar AS atau senilai Rp 9,56 triliun. Film yang berisi kumpulan dari berbagai macam super hero DCU ini begitu menarik untuk ditonton.

Itulah 5 film termahal di dunia yang sudah dirangkum oleh Tugu Jatim. Apakah film favorit kalian ada di daftar film termahal? Apakah mahalnya film memengaruhi pada kualitas cerita yang disuguhkan? Atau bagaimana? Bisa ditulis di kolom komentar. Jangan lupa tonton filmnya bersama keluarga, pasangan, atau kerabat. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan