5 Film Jurnalistik Terbaik yang Gambarkan Keseruan Jurnalis

5 Film Jurnalistik Terbaik yang Gambarkan Serunya jadi Jurnalis

  • Bagikan
Ilustrasi rekomendasi film jurnalistik terbaik sepanjang masa. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi rekomendasi film jurnalistik terbaik sepanjang masa. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Jurnalistik merupakan salah satu dimensi yang begitu penting dan berperan dalam memajukan zaman. Dengan adanya media, distribusi informasi dapat lebih luas terjangkau oleh masyarakat, apalagi di zaman kontemporer, media sudah merambah ke berbagai bidang digital yang membuatnya makin mudah diakses oleh siapa saja yang memerlukan informasi.

Tugu Jatim sudah merangkum 5 film jurnalistik yang perlu kita tonton, dapat disebut sebagai ‘terbaik’ juga bila tidak berlebihan.

1. Spotlight (2015)

Pertama ialah ‘Spotlight’. Kalian sudah nonton filmnya belum? Salah satu film bertema jurnalistik paling populer. Lantaran cerita yang diangkat berdasarkan kisah nyata, tema cerita yang dipilih amat sensitif. Yaitu menguak kasus kekerasan seksual di gereja dan dilakukan oknum pemuka agama. Tak hanya melakukan investigasi mengenai kasus, ‘Spotlight’ juga mengulik sisi lain dari hidup penyintas.

2. The Post (2017)

Kedua, film ini berkisah soal upaya pemerintah dalam melakukan pembungkaman pers. Dua media yang dibungkam ialah ‘The Washington Post’ dan ‘The New York Times’, tatkala ingin merilis dokumen negara dalam keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam. Dokumen yang dibahas mengenai keterlibatan itu disebut ‘Pentagon Papers’.

3. All the President’s Men (1976)

Poster film  All The President's Men. (Foto: Wikipedia)
Poster film All The President’s Men. (Foto: Wikipedia)

Ketiga, mempunyai topik mengenai kasus ‘Watergate’ yang terkenal. Diambil dari novel karangan dua wartawan yang menyelidiki skandal ini untuk medianya yang bernama ‘Washington Post’. Skandal yang disebut ‘Watergate’ berhasil melengserkan presiden dari kursi kekuasaan. Pada awalnya, kedua wartawan itu tidak menyangka bahwa berita yang mereka tulis merupakan skandal besar.

4. State of Play (2009)

Keempat, mengungkap skandal kasus pembunuhan perempuan. Merupakan asisten kedua dewan dari Partai Republik. Selain itu, dua orang wartawan melakukan investigasi. Film ‘State of Play’ dibuat seperti serial televisi yang tayang di BBC. ‘State of Play’ tidak hanya mengangkat kasus pembunuhan, mereka juga mengangkat isu-isu soal independensi media dan Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) Amerika yang sering menjadi bahan film tahun 70-an.

5. Shattered Glass (2003)

Kelima, membahas soal perjuangan karir wartawan bernama Stephen Glass. Berdasarkan kisah nyata. Nama Glass naik berkat tulisannya. Kemudian, ada pihak yang curiga, ternyata Glass tidak mampu memberi bukti mengenai yang ditulisnya. Glass dipaksa untuk mengakui dosa-dosa sebagai seorang wartawan yang menipu. Setelah kejatuhan karir jurnalistik, Glass memilih menyelesaikan pendidikan hukum dan menulis kisah hidup.

Itulah 5 film yang bertema jurnalisik menarik untuk ditonton. Apakah kamu sudah menonton semua film itu? Atau ada yang belum? Dari kelima film itu, mana yang menurutmu plaing baik dan ‘recomended’ banget? Tulis di kolom komentar ya. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan