5 Rekomendasi Film ‘Mind Blowing’ yang Membuat Geleng-geleng Kepala

  • Bagikan
Interstellar tahun 2014 merupakan salah satu rekomendasi film yang dijamin membuat pikiran 'mind blowing'. (Foto: Dokumen/IMDb)
Interstellar tahun 2014 merupakan salah satu rekomendasi film yang dijamin membuat pikiran 'mind blowing'. (Foto: Dokumen/IMDb)

Tugujatim.id – Buat kalian penggemar film, pasti ingin mencari tantangan dalam memahami film yang kalian tonton. Film-film melow, melankolik, lucu, kocak dan romantis mungkin sudah membuat kalian bosan, apalagi menghabiskan banyak tisu untuk mengusapi air mata. Semakin banyak tisu yang dipakai, semakin banyak pula pohon yang ditebang ya? Untuk bahan dasar pembuatan tisu.

Sedangkan, film horor sudah tidak lagi mengagetkan, alur cerita sudah dijelajahi. Namun, ada yang perlu kalian coba tonton, yaitu film-film genre Sci-Fi yang membuat otak bekerja untuk memeroleh insight, pemahaman, pengetahuan, bahkan sampai pada level pemikiran yang tidak pernah diduga sebelumnya. Berikut 5 rekomendasi film mind blowing yang sudah dirangkum Tugu Jatim:

1. Lucy (2014)

Lucy merupakan salah satu rekomendasi film Sci-FI yang begitu mind blowing. Disutradarai oleh Luc Besson, Lucy berkisah mengenai evolusi kesadaran manusia melalui pengoptimalan otak yang dipakai. Melalui berbagai alur cerita dari seorang gadis Amerika Serikat yang bernama Lucy, mengemban pendidikan di Taipei, Taiwan. Sebetulnya, Lucy gadis yang baik dan tidak pernah terlibat urusan gelap termasuk narkoba dan semacam itu.

Lucy dibujuk oleh pacarnya secara tidak langsung hingga terlibat dalam ekspedisi narkoba bernama CPH4. Narkoba itu dimasukan ke dalam perutnya melalui operasi ringan, paket itu dikirim dalam tubuh Lucy agar tidak terdeteksi oleh keamanan berbagai tempat. Perjalanan pengiriman, Lucy bertemu seseorang yang menyiksanya sampai kantong narkoba di perutnya pecah. Narkoba itu memenuhi tubuh Lucy dan membuatnya menjadi manusia yang dapat mengoptimalkan otaknya hingga 100 persen.

2. Interstellar (2014)

Christoper Nolan selalu menggarap film dengan baik, salah satunya Interstellar. Film ini bergenre Sci-Fi yang begitu membuat otak geleng-geleng kepala, lantaran cerita yang diangkat begitu menakjubkan. Berkaitan dengan dimensi kelima, relativitas waktu dan berbagai bencana yang terjadi di bumi yang sudah mulai menua. Interstellar memiliki arti ‘antar bintang’, memang film ini memilih setting luar angkasa sebagai latar utama.

Tokoh utama yang bernama Cooper, ditugaskan untuk mencari planet baru yang bisa dipakai untuk tempat tinggal manusia, pengganti bumi. Lantaran bumi sudah begitu tua, banyak bencana alam, kerusuhan juga pecah di mana-mana, tidak ada yang bisa diharapkan lagi tinggal di bumi. Sehingga Cooper dan tim berupaya mencari tempat lain yang potensial untuk manusia tinggali. Dalam film ini juga memunculkan ‘Black Hole’ bernama Gargantua, yang begitu mind blowing cara kerjanya.

3. Predestination (2014)

Predestination merupakan film genre drama, fiksi dan ilmiah. Besutan sutradara Australia bernama Michael Sperig dan Peter Spierig. Mere berdua juga sebagai penulis naskah film ini. Bercerita mengenai agen pemerintah yang memiliki tugas untuk melacak dan membatalkan peristiwa pengeboman. Teroris itu berkode ‘the Fizzle Bomber’ yang menjadi pelaku pengeboman di berbagai tempat.

The Fizzle Bomber selalu lolos ketika dikejar oleh pihak berwajib. Sehingga agen itu ditugaskan pemerintah untuk mencarinya. Suatu ketika ia berhasil membatalkan pengebomban besar yang terjadi di New York tahun 1970. Namun sayangnya, bom itu meledak di depan wajahnya, sehingga terlihat agak hancur sebagian. Lalu ditugaskan menajdi bartender dan bertemu seorang penulis.

Mereka saling bercerita hingga si bartender merasa iba dengan nasib di penulis itu. Kemudian si bartender mencoba membantu di penulis dengan kembali ke masa lalu untuk menemui seorang pria. Yang membuat mind blowing di film ini ialah konsep kuno yang memiliki simbol ular memakan ekornya sendiri. Masih belum paham? Tonton langsung saja filmnya.

4. Inception (2010)

Lagi-lagi Christoper Nolan menjadi sutradara dari film yang begitu hebat dan menawan. Inception merupakan film yang bercerita mengenai mimpi dan tingkatanya. Setiap mimpi mempunyai pengaruh dalam otak seseorang untuk memutuskan sesuatu, termasuk kebijakan dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan kepentingan personal. Semua tokoh yang ada dalam film ini meneliti dan mengoptimalkan mimpi untuk memengaruhi target dalam memutuskan sesuatu. Bagaimana itu tingkatan mimpi? Bagaimana cara mereka memengaruhi keputusan melalui mimpi? Karena itulah poin yang membuat otak kita geleng-geleng kepala.

5. The Butterfly Effect (2004)

Satu lagi rekomendasi film yang amat tidak diduga alur ceritanya ini. Membuat otak menjadi berpikir betapa dahsyatnya potensi yang ada dalam diri manusia. The Butterfly Effect merupakan film genre Sci-FI besutan sutradara Eric Bress dan J. Mackye. Menggambarkan teori chaos, efek kupu-kupu, yang biasa dianalogikan dari kepakan sayap kupu-kupu bisa menyebabkan badai di sebagian wilayah.

Film ini bercerita mengenai anak muda yang sedang mengalami gangguan di kepalanya, sering lupa, sehingga kadang perlu dicatat berbagai kegiatan yang dia lakukan agar hidupnya menjadi bermakna. Tapi tak disangka, ketika ia beranjak remaja dan dewasa, catatan itu justru membuatnya bisa berjalan-jalan ke berbagai momen kehidupan yang dulu sempat dilupakannya. Sehingga dia bisa merubah beberapa keputusan dan menjadikan hidupnya berbeda dengan kehidupan dewasanya saat itu. Film yang begitu mengejutkan.

Itulah 5 film mind blowing yang membuat penonton berpikir, mendapat insight, pengetahuan dan terkejut dengan berbagai alur cerita yang disajikan. Sebagian besar hampir tidak terpikirkan, luar biasa, kalian wajib mencoba untuk memutar film semacam ini agar otak kita menjadi semakin terasah. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan