Tips  

5 Resep Masakan ala Anak Kos, Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Masakan ala anak kos. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi makanan ala anak kos. (Foto: Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Apa yang ada di benak Anda mendengar masakan ala anak kos? Barangkali kata simpel, anti ribet, dan bikin perut kenyang menjadi salah satu jawabannya. Apalagi saat musim hujan seperti saat ini. Mau tahu resep masakan mereka yang nggak bikin kantong Anda jebol alias hemat?

Resep masakan ala anak kos ini sangat mudah dibuat dan cepat disajikan karena memakai bahan-bahan yang cukup sederhana. Anda bisa banget mencobanya di rumah. Simak ya resepnya!

1. Sup Orak Arik Telur

Resep masakan ala anak kos yang pertama yaitu telur asam manis yang simpel. Bahan resepnya di antaranya telur, minyak, air, tepung maizena, bawang putih, garam, saus pedas, lada, dan kaldu penyedap.

Cara memasak Sup Orak Arik Telur yaitu cincang halus bawang putih, tumis dengan lada bubuk secukupnya hingga harum. Setelah itu masukkan telur dan aduk atau orak arik hingga setengah kering lalu beri air, tunggu hingga mendidih.

Langkah selanjutnya, masukkan kaldu penyedap dan aduk serta beri saus secukupnya. Setelah itu masukan larutan maizena, tunggu hingga sedikit mengental. Nah, Sup Orak Arik siap dinikmati, jangan lupa tetap menggunakan nasi yang hangat.

2. Misoa Kuah Pedas

Resep ini cukup menyegarkan untuk dikonsumsi saat hujan. Anda cukup menyiapkan bahan yakni misoa, telur, sawi hijau, daun bawang, garam, bawang putih, kecap manis, merica, cabai rawit, dan kaldu penyedap. Cara bikinnya, iris cabai rawit, bawang putih, daun bawang, dan sawi. Lalu tumis telur, aduk hingga kering. Setelah itu masukkan bawang putih dan cabai tumis lagi hingga tercium harum, masukkan merica dan kecap dan air secukupnya. Masukan misoa, sawi, daun bawang beri garam. Misoa kuah pedas pun siap dihidangkan.

3. Ayam Gulung Kulit Sawi Putih

Selain tinggi protein, resep ini juga mengandung zat energi lainnya karena ada bahan sayurannya. Berikut bahan yang perlu disiapkan yaitu 250 gram ayam cincang, sawi putih, wortel, garam, merica, bawang putih, bawang merah, air dan saus cabai.

Cara memasaknya, yakni potong halus wortel, haluskan bawang merah dan bawang putih, campurkan ayam cincang, merica, garam, bawang putih, bawang merah, aduk merata, lalu tambahkan wotel. Siapkan air panas, rendam sebentar sawi putih setelah sedikit layu ambil dan tuangkan adonan ke atas sawi, lalu gulung seperti sosis. Setelah selesai digulung, kukus gulungan ayam sawi selama 30 menit, Ayam Gulung Kulit Sawi siap dihidangkan dengan cocolan saus cabai yang bikin Anda gagal move on untuk menyantapnya terus.

4. Capcay Hati Ayam

Resep masakan berikut sangat cocok dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh. Bahan yang harus disiapkan yaitu pakcoy, wortel, kembang kol, tomat, hati ayam (yang sudah direbus), bawang putih, bawang merah, merica, garam, kaldu ayam, air, kecap, saus pedas/tomat dan minyak.

Cara membuat masakan ini yaitu siapkan semua bahan, lalu haluskan bawang putih dan bawang merah. Potong semua sayuran dan hati ayam, setelah itu tumis bumbu halus tambahkan merica tunggu hingga harum.

Langkah selanjutnya, masukkan semua sayuran aduk lagi, lalu masukkan garam, kaldu ayam, saus, dan kecap secukupnya. Setelah itu masukkan air, tunggu hingga mendidih. Cek rasa masakan, setelah dirasa cukup masakan siap dinikmati.

5. Tahu Crispy Asam Manis

Tahu Crispy Asam Manis ini cocok dinikmati kalangan anak muda, terutama anak kos, di saat krisis kantong keuangan pada akhir bulan. Berikut bahan yang harus disiapkan meliputi tahu, tepung crispy instan, bawang bombay, garam, gula, lada bubuk, saus tomat, saus cabai, air, dan minyak.

Langkah membuat masakan ini yakni siapkan semua bahan, lalu potong tahu berbentuk tahu. Setelah itu baluri tahu dengan tepung crispy. Panaskan minyak, lalu goreng tahu hingga matang.

Potong bawang bombay, lalu tumis hingga harum masukkan saus tomat, saus cabai, lada, gula, garam beri air setengah gelas blimbing. Setelah mendidih, masukkan tahu yang sudah digoreng, aduk hingga seluruh saus merata. Cek semua rasa dan Tahu Crispy Asam Manis siap dinikmati saat perut lapar di musim hujan.