5 Tips Berpikir Positif selama PPKM Level 4 - Tugujatim.id

5 Tips Berpikir Positif selama PPKM Level 4

  • Bagikan
Ilustrasi berpikiran positif dengan menyaring berita. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi berpikiran positif dengan menyaring berita. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Pandemi Covid-19 yang terus melanda memang membuat mental setiap orang menjadi down. Untuk itu, guna menekan persebaran virus, ada beragam cara yang dilakukan oleh pemerintah. Mulai dari PSBB, PPKM Mikro, PPKM Darurat, hingga yang terbaru melalui PPKM Level 4.

Semua orang memang menjadi cemas hingga mengalami depresi menghadapi pandemi ini. Sebab, kondisi ini mengancam kesehatan, adanya kebijakan pembatasan kegiatan, hingga hampir setiap hari ada kabar kematian yang semakin hari semakin meningkat.

Nah, berdasarkan situs Hallosehat, rasa cemas ini memang wajar ketika otak berada di dalam tekanan. Namun, tentu jika dibiarkan akan berpengaruh kepada emosi dan pengambilan keputusan.

Karena itu, mulailah dengan berpikir positif yang akan membantu Anda bisa lebih jernih dalam mengambil keputusan.

Berikut 5 tips berpikir positif yang bisa dilakukan selama pandemi Covid-19 dan PPKM Level 4:

1. Menyaring Berita

Terlalu banyak mengonsumsi berita terkait korban-korban Covid-19 hingga ancaman mengerikan virus asal Wuhan, China, ini ternyata membuat otak Anda kewalahan sendiri. Lantaran, otak terus-menerus mengonsumsi berita negatif yang mengakibatkan tubuh merespons dengan rasa cemas dan rasa takut.

Karena itu, Anda bisa memulai dengan membaca bacaan yang lebih positif seperti cerita sukses pasien Covid-19 melawan virus ini, cerita humor, hingga cerita anak-anak yang berdonasi.

2. Tidak Ambil Pusing dengan Orang Lain

Melihat orang-orang yang tidak patuh pada protokol kesehatan (prokes) memang membuat stres karena pandemi Covid-19 makin berlarut-larut dan tidak segera berakhir. Apalagi dengan semua teori-teori konspirasi yang tersebar di media sosial yang tidak bisa terbendung.

Kondisi seperti ini sering kali membuat Anda jengkel dan rasanya ingin marah-marah terus. Tapi, Anda sebaiknya menyingkirkan pemikiran itu deh. Soalnya, Anda tidak akan bisa mengontrol semua itu.

Lebih baik fokus pada diri sendiri dengan tetap menjaga prokes dan berkumpul dengan orang-orang yang berpikiran sama. Hal ini membuat emosi tidak tergerus sekaligus bisa menjaga diri dan keluarga dari ancaman Covid-19.

3. Bersenang-senang

Harus diakui memang tidak mudah membangun pikiran positif di tengah situasi yang serba tidak pasti seperti saat ini. Tapi, Anda bisa kok mulai membangun mood positif dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan saat ini juga.

Dan kadang hal-hal simpel seperti bermain dengan hewan peliharaan, menonton film favorit, membaca buku favorit, hingga melakukan video call dengan sahabat adalah salah satu cara membangun mood positif.

4. Sadar Semua Pihak Berusaha Mengakhiri Pandemi

Kita memang cenderung mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam mengakhiri pandemi Covid-19. Seolah-olah pandemi Covid-19 ini tidak akan segera berakhir dan akan ada banyak yang harus dikorbankan.

Tapi, Anda harus menyadari bahwa saat ini semua pihak tengah bekerja keras untuk mengendalikan wabah ini. Dan tidak hanya kita saja yang tengah mengusahakan hal tersebut. Semua orang memiliki porsinya sendiri untuk berpartisipasi dalam penanganan Covid-19.

Misalnya, ilmuwan tengah berjuang mengembangkan vaksin dan obat Covid-19. Rumah-rumah sakit berjuang menyembuhkan ribuan pasien Covid-19. Dan sekecil toko-toko kelontong tengah berjuang mengumpulkan sembako untuk kebutuhan kita sehari-hari.

5. Apa Yang Bisa Kita Lakukan?

Semua orang memiliki peran tersendiri untuk mengakhiri pandemi Covid-19, tidak terkecuali kita. Dan jika kita memenuhi peran tersendiri, niscaya bisa melewati cobaan ini dengan baik.

Yang perlu diingat, bahwa semua bisa memulai peran dengan menaati prokes dengan tertib. Hal-hal kecil seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, hingga tidak keluar rumah jika tidak diperlukan artinya kita sudah menjalankan peran di sosial untuk mengatasi pandemi.

  • Bagikan