5 Tips Membeli dan Memilih Baju untuk Persiapan Lebaran - Tugujatim.id

5 Tips Membeli dan Memilih Baju untuk Persiapan Lebaran

  • Bagikan
Ilustrasi fashion dan baju Lebaran untuk perempuan. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi fashion dan baju Lebaran untuk perempuan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Apakah anda sudah menyiapkan baju untuk Lebaran? Kadang lebaran identik dengan beragam sesuatu yang baru, entah alat komunikasi, transportasi, fasilitas rumah, termasuk baju. Namun, acap kali baju yang kita beli saat lebaran tanpa pertimbangan matang, kita jarang bertanya soal apakah kita perlu membeli baju itu? Apakah baju yang lama sudah tidak dapat dipakai? Serta pertimbangan lainnya.

Tugu Jatim sudah merangkum, pertimbangan yang perlu dipakai oleh keluarga kita, atau bahkan kita sendiri, sebelum membeli baju-baju baru untuk lebaran. Apa saja pertimbangan itu?

1. Apakah benar kita membutuhkan dan menginginkannya?

Tatkala hari raya idul fitri tiba, sekian orang membeli baju tanpa bertanya terlebih dahulu terkait hal tersebut. Apakah kita membutuhkan? Apakah kita menginginkan? Sehingga, kadang kita membeli baju padahal kita tidak sedang membutuhkan baju baru, bahkan baju lama kita masih banyak dan bagus. Bertanya soal hal itu, dapat lebih menghemat uang kita untuk dialokasikan pada hal-hal yang perlu dan genting.

2. Berapa kali kita akan memakainya?

Berikutnya, bertanya soal kuantitas, intensitas atau berapa kali kita memakainya? Apakah sering dan dapat dipakai untuk menghadiri acara-acara tertentu, atau justru, hanya dipakai saat momen lebaran saja? Bila hanya dipakai dalam satu momen acara saja, lebih baik, bisa menunda untuk membeli baju tersebut, apabila tidak terlalu genting.

3. Apakah kita perlu menghabiskan uang hanya untuk satu baju saja?

Pembahasan mengenai harga dan anggaran juga perlu dibahas. Karena sering kali kita membeli baju berdasarkan merk tertentu, yang dinilai mempunyai benefit, ada di koridor merk kelas sosial menengah ke atas, hanya untuk mendapatkan pujian atau prspektif ‘keren’, ‘kekinian’ atau ‘berduit’ dari orang-orang di circle pergaulan. Begitu pula, dalam momen lebaran di Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

4. Tahu kapan membayar mahal demi kualitas

Membeli barang yang bagus juga perlu, memang, tapi tidak setiap hari kita harus membeli barang yang bagus dan harganya selangit. Namun, perlu tahu momen yang tepat untuk membeli barang semacam itu. Misalkan saja, saat membeli keperluan kantor yang berkaitan dengan pekerjaan, perlu mencari barang dengan kualitas bagus untuk menopang kualitas pekerjaan juga. Selain itu, seragam kantor, sepatu untuk bekerja, dan lain-lain juga dapat dimaklumi kalau mempunyai harga mahal. Termasuk juga saat menyiapkan diri merayakan momen lebaran.

5. Buat daftar incaran, lakukan survey, baru dibeli!

Sebelum membeli baju lebaran, misalkan. Kita perlu membuat daftar barang-barang yang ingin kita beli. Hal ini agar kita tidak terlalu berlebihan dan lepas kendali saat membeli barang. Termasuk tatkala mebeli baju lebaran, catat dulu, lakukan survey di lokasi dan internet, lalu membelinya.

Itulah 5 pertimbangan yang perlu disiapkan sebelum membeli baju lebaran. Sehingga, baju lebaran yang kita beli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, anggaran rumah tangga juga bisa dihemat untuk keperluan yang lebih genting.

  • Bagikan