5 Tips Menabung untuk Modal Menikah - Tugujatim.id

5 Tips Menabung untuk Modal Menikah

  • Bagikan
Ilustrasi ajakan menikah. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi ajakan menikah. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Menikah merupakan salah satu momen penting dalam hidup. Bahkan, menikah diistilahkan dengan “hidup baru” atau “hidup kedua” karena saking penting dan berpengaruhnya terhadap masa depan dan kebahagiaan hidup. Tapi, terkadang Anda berpikir-pikir lagi akan menikah karena biaya yang tidak sedikit. Karena itu, Tugu Jatim bakal memberikan tips cara menabung untuk tujuan menikah. Simak ya buat Anda yang berencana segera menikah.

1. Miliki Tabungan Khusus

Yang pasti, menabung untuk keperluan menikah, Anda perlu menyisihkan dan memberi tempat khusus agar tabungan itu tidak tercampur dengan keperluan hidup lainnya. Sisihkan gaji bulanan setidaknya 15%-30% untuk tabungan itu, selebihnya sekitar 85%-70% dapat Anda pakai untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Dalam beberapa bulan, uang tabungan itu bakal cukup untuk memenuhi keperluan untuk menikah.

2. Ketemuan di Rumah Saja

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya, yaitu kalau ingin bertemu dengan pasangan dan melunasi rasa kangen, dapat mengunjungi rumah dan menghabiskan waktu di rumah saja. Bertemu dengan keluarga besarnya, mengobrol dan memasak makanan bersama. Bila pacaran di luar rumah dan keliling, Anda bakal menghabiskan banyak uang yang seharusnya bisa untuk ditabung.

3. Tidak Perlu Jajan saat Kerja

Saat berangkat kerja, Anda bisa membawa bekal nasi dari rumah, hal itu terlihat sepele, tapi sangat berpengaruh dan penting bagi kesehatan kantong dan sirkulasi tabungan untuk menikah. Usahakan hemat dan menyimpan uang yang seharusnya tidak perlu dibelikan keperluan yang bisa ditutup dengan hal-hal lainnya. Agar tidak boros dan tabungan nikah cepat tercapai.

4. Hemat Bensin, Berangkat Kerja Bareng Pasangan

Menghemat bensin juga bagian yang perlu dicermati. Kadang saat Anda berangkat dan pulang kerja bisa menghabiskan bensin Rp 20 ribu-Rp 25 ribu. Padahal, uang sebesar itu bisa Anda simpan dan sisihkan untuk keperluan menabung di masa depan, khususnya untuk modal menikah.

5. Tidak Perlu Kasih Kado Mahal

Kadang saat pasangan ulang tahun, Anda berupaya merayakannya dengan biaya yang cukup banyak. Padahal, biaya membeli kado dan perayaan ulang tahun itu bisa Anda nikmati dengan sederhana, terpenting momen kebersamaan dan kebahagiaannya dapat. Tidak perlu buang uang yang seharusnya bisa dipakai menabung untuk keperluan menikah.

Itulah 5 tips penting agar Anda bisa cepat memiliki tabungan untuk menikah dengan pasangan. Semoga segera terkumpul modal untuk menikah.

  • Bagikan